Cover Image

ANALISIS HASIL BELAJAR PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK PADA SAAT SEBELUM PANDEMI DAN SAAT PANDEMI COVID 19 DI SMK NEGERI 5 PADANG

Silvia Anggreini, M. Giatman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya pandemi COVID-19 yang mempengaruhi pembelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 5 Padang sehingga pembelajaran tatap muka harus diganti dengan pembelajaran dalam jaringan atau online yang mempengaruhi hasil belajar dari siswa SMK Negeri 5 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil pembelajaran gambar teknik sebelum pandemi dan saat pandemi COVID-19. Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  analisis komparatif atau analisa perbedaan. Analisa dilihat dari perbedaan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik pada saat sebelum pandemi berlangsung yaitu pembelajaran dilakukan secara tatap muka dan saat pandemi berlangsung yaitu pembelajaran dilakukan secara online. Jenis data yang digunakan adalah  data sekunder yang diperoleh melalui dokumen yang didapat dari Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Padang bagian kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan berarti terkait hasil belajar Gambar Teknik sebelum pandemi dan pada saat pandemi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar kelas X DPIB tahun ajaran 2019/2020 memperoleh hasil belajar rata-rata 65,33 sedangkan hasil belajar X DPIB tahun ajaran 2020/2021 memperoleh hasil belajar rata-rata 43.08. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa kelas X DPIB tahun ajaran 2019/2020 memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa kelas X DPIB tahun ajaran 2020/2021.

Keywords


Analisis, Hasil Belajar, Gambar Teknik, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).

Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1185-1190.

Giatman, M., Haq, S., & Pratama, Y. F. (2019). Ef-fectivity of Online Learning Teaching Materi-als Model on Innovation Course of Vocational and Technology Education. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012131.

Purwanto, E. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dalam Penetapan Biaya Sambung Pdam Tirta Indra Terhadap Minat Masyarakat di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. JIAGANIS, 3(1).

Raresik, K. A., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Animar, A., & Wulandya, S. A. (2020). Studi Dampak Covid-19 terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Sikur. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4(2), 231-239.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i1.112895

Copyright (c) 2022 Silvia Anggreini, M. Giatman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.