Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Manajemen Konstruksi dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Manajemen Konstruksi (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta)

M. Agphin Ramadhan, Riyan Arthur, Susan Analika

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang mata kuliah manajemen kontruksi dengan hasil belajar mata kuliah manajemen konstruksi di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara telaah dokumen hasil belajar mata kuliah manajemen konstruksi dan menyebarkan angket mengenai persepsi mahasiswa tentang mata kuliah manajemen konstruksi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Rank Spearman pada taraf signifikansi (α) 5%. Hasil menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,848>0,05. Artinya terjadi penolakan terhadap H₁, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara variabel persepsi mahasiswa tentang mata kuliah manajemen konstruksi dengan hasil belajar mata kuliah manajemen konstruksi di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan.

Keywords


Persepsi; Hasil Belajar; Manajemen Konstruksi; Teknik Bangunan

Full Text:

PDF

References


UNJ, fakultas T. (2016). Pedoman Akademik 2016/2017. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Ningtias, L. A. (2018). Kesesuaian Materi Kuliah Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dengan SKKNI Bidang Pekerjaan Manajemen Konstruksi (Universitas Negeri Jakarta). Diambil dari http://repository.unj.ac.id/id/eprint/354

Ibeng, P. (2021). Pengertian Manajemen Konstruksi, Peran, Fungsi, Tujuan dan Tugasnya. Diambil 1 Maret 2021, dari Pendidikan.co.id website: dikan.co.id/pengertian-manapendijemen-konstruksi-peran-fungsi-tujuan-dan-tugasnya.

Wahyono, B. (2012). Hubungan Antara Kompetensi Dasar, Hasil Belajar Dan Pengalaman Belajar. Diambil 22 Februari 2021, dari Pendidikan Ekonomi website: http://www.pendidikanekonomi.com/2012/07/hubungan-antara-kompetensi-dasar-hasil.html.

Aliyyah, R., Puteri, F., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Sosial Humaniora, 8(2), 126–143.

Gustientiedina, & Ambiyar. (2018). Pengaruh Persepsi tentang Dunia Kerja dan Minat Keahlian Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Teknik Informasi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Harapan. Mimbar Ilmu, 23(3), 225–230.

Negara, R. I. T. K., Iriani, T., & Lenggogeni. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Manajemen Konstruksi di S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Pendidikan Teknik Sipil, 8(2), 55–104. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i2.11966

Astuti, K., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Hasil Belajar pada Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan (Studi Kasus pada SMK Negeri 4 Tangerang Selatan). Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 10–17.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Dalimunthe, Y. M. (2016). Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Kewirausahaan, Budaya Organisasi, dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung Tahun 2015. Universitas Lampung.

Junaidi. (2020). Inovasi Pembelajaran di Era Covid-19 Berbasis Budaya Lokal pada Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.31237/osf.io/p6jdb

Wahid, H., Nurul, A., Jauri, R., & Umniyah, S. (2018). Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Reflektif dengan Hasil Belajar pada Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran UNHAS. Psikologi, 4(1), 60–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/talenta.v4i1.6525.

Aryanto, A. (2015). Mengubah Persepsi Negatif Menjadi Positif. Diambil 21 November 2020, dari PT. Kubik Kreasi Sisilain website: https://www.kubikleadership.com/mengubah-persepsi-negatif-menjadi-positif.

Mirad, A., Nurpeni, & Nielwaty, E. (2016). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Kewirausahaan. Niara, 9(1), 23–28.

Tya, N. P. (2017). Hubungan Persepsi dan Sikap Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Pkn di SDN TLACAP. Universitas Sanata Dharma.

Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling, 1(2), 1–26.

Mukhtar. (2017). Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Perkuliahan dan Hubungannya dengan Partisipasi Mahasiswa dalam Perkuliahan (Studi tentang Mahasiswa Semester Genap Jurusan Sosiologi Universitas Riau). FISIP, 4(2), 1–15.

Mulyana. (2016). Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Budaya Sekolah terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di STAB Negeri Sriwijaya. Vijjacariya, 3(1), 1–18.

Aisyah, S. (2016). Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah IPS dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Tutor Mahasiswa S1 PGSD UT Pokjar Barabai. Socius, 1–16. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v1i2.2189.

Hong, J., & Hwang, M. (2016). Social Categorization on Perception Bias in the Practice of Microteaching. Res Sci Educ. https://doi.org/10.1007/s11165-015-9495-5

Sobko, S., Unadkat, D., Adams, J., & Hull, G. (2019). Learning Through Collaboration : A Networked Approach to Online Pedagogy. E-Learning and Digital Media, 1–20. https://doi.org/10.1177/2042753019882562

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Pendidikan Matematika, 1(2), 1–16. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/338630818

Meidya, M. Y. (2020). Hubungan Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN-1 Menteng Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Palangka Raya.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v8i1.111967

Copyright (c) 2021 M. Agphin Ramadhan, Riyan Arthur, Susan Analika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.