ASSESSMENT GREENSHIP NEIGHBORHOOD VERSI 1.0 PADA PERUMAHAN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

Zulfa Majida A'yuni, Hernu Suyoso, Anik Ratnaningsih

Abstract


Greenship neighborhood merupakan salah satu sertifikasi greenship yang dicanangkan oleh Green Building Council Indonesia yang menilai greenship untuk kawasan. Penerapan greenship neighborhood masih tergolong baru diantara sertifikasi greenship yang lain. Hal ini dibuktikan dengan belum adanya kawasan yang tersertifikasi greenship neihborhood. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai peringkat yang diperoleh Perumahan Kaliurang Green Garden, Kabupaten Jember yang nantinya dilakukan perencanaan peningkatan untuk mencapai peringkat gold. Penilaian dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada pihak pengembang. Hasil tersebut kemudian diolah menggunakan metode logika fuzzy melalui aplikasi MatLab yang mengacu pada panduan Greenship Neighborhood versi 1.0. Hasil MatLab menunjukkan Perumahan Kaliurang Green Garden belum mendapat peringkat greenship. Berdasarkan hasil tersebut kemudian dilakukan peningkatan untuk mencapai peringkat gold. Setelah dilakukan upaya peningkatan, hasil penilaian maksimal yang dapat dicapai Perumahan Kaliurang Green Garden adalah silver dengan poin 65,1.


Keywords


Perumahan, Greenship, Greenship Neighborhood Versi 1.0, Logika Fuzzy, Silver

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2018). Persentase Rumah Tangga terhadap Hunian di Jawa Timur.

Green Building Council Indonesia. (2010). Panduan GREENSHIP new building.

Green Building Council Indonesia. (2019). Greenship Neighborhood version 1.0.

Luziani, S., & Paramita, B. (2018). Land Ecological Enhacement, Greenship Neighborhood 1.0: A Theoritical and Concept Study Into The Design Framework of A Sustainable Built Environment. International Journal of Technology (2018), 7, 1450–1459.

Sadjarwo, I., & Sutandi, A. (2017). Analisis Penerapan Greenship Neighborhood Version 1.0 pada kawasan perumahan. Konferensi Nasional Teknik Sipil 11, 55–65.

Wardani, A. R., Nasution, Y. N., & Amijaya, F. D. T. (2017). Aplikasi Logika Fuzzy Dalam Mengoptimalkan Produksi Minyak Kelapa Sawit Di PT. Waru Kaltim Plantation Menggunakan Metode Mamdani. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 12(2), 94.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v7i2.108655

Copyright (c) 2020 Zulfa Majida A'yuni, Hernu Suyoso, Anik Ratnaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id