PERSEPSI SISWA KELAS X TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI TERHADAP MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK

Febrianda Edriani, Rijal Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap belum optimalnya siswa dalam memahami pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini mengungkapkan persepsi siswa kelas X DPIB dan BKP terhadap mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif jumlah penelitian ini berjumlah 64 orang siswa yaitu 13 orang siswa kelas X DPIB 1, 13 orang siswa kelas X DPIB 2, 12 orang siswa kelas X BKP 1, 13 orang siswa kelas X BKP 2, dan 13 orang siswa kelas X BKP 3. instumen pengumpulan data menggunakan angket dengan Skala Likert, yang terdiri dari 5 pilihan jawaban 29 pernyataan. Dari penelitian ini terungkap bahwa indikator siswa Jurusan Teknik Bangunan kelas X di SMK Negeri 1 Bukittinggi berjumlah 173 siswa.  Berdasarkan hasil penelitian bahwa  persepsi siswa kelas X Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Bukittinggi Jurusan Teknik Bangunan terhadap mata pelajaran Gambar Teknik dengan Derajat Pencapaian 77,63%  yang berada dalam kategori cukup baik.

Full Text:

PDF

References


Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta: EGC.

Erma (2017/2018). Persepsi Siswa Dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA 2 Tungkal Ulu Jambi. Jambi.

Suparno. 2008. Teknik Gambar Bangunan. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Alfabeta.

Fahmi, I. G. Rani, and P. Zola, “Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan Smkn 5 Padang,” CIVED, vol. 5, no. 3, 2018.

A. P. Melinda, P. Zola, R. Abdullah, and R. Body, “Sosialisasi pekerjaan struktur rumah sederhana yang ramah gempa kepada buruh konstruksi di kecamatan matur kabupaten agam,” CIVED, vol. 5, no. 4, pp. 3–6, 2018.

Z. Annuar and P. Zola, “Pengaruh Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Minat Memilih Profesi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan,” Cived, vol. 6, no. 3, 2019.

S. Syahril, N. Jalinus, R. A. Nabawi, and Y. Arbi, “The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 299, no. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) The, pp. 316–320, 2019.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v7i1.108432

Copyright (c) 2020 Febrianda Edriani, Rijal Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.