EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MUTU SEKOLAH ATLET RAGUNAN DKI JAKARTA
Abstract
Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang evaluasi implementasi kebijakan mutu Sekolah Atlet Ragunan Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Atlet Ragunan Jakarta pada tahun 2019. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kebijakan sistem evaluasi menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPP (Konteks, Input, Proses dan Produk). Evaluasi dilakukan pada empat komponen, yaitu: (a) standar kualitas sekolah atlet ragunan, (b) perencanaan kebijakan mutu sekolah (c) penerapan kebijakan mutu sekolah atlet ragunan dan (d) produk sekolah atlet ragunan. Secara umum Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Sekolah Atlet Ragunan yang berkualitas memenuhi standar sekolah atlet dengan kemampuan akademik dan adanya kemampuan non akademik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ann Crabb, Pieter Leroy, The Handbook of Environmental Policy Evaluation, United State Of America: Earthscan,, 2008
Ann Majchrzak, Methods for Policy Research, London: Sage, 1984 Bridgman, Peter dan Glyn Davis. The
Australian Policy Handbook. Crows Nest: Allen dan Unwin. 2004.
David L. Goetsch. Quality Management for Organizational Excellence, Introduction to Total Quality. Pearson, 2013
Gronroos, Christian. Service Management and Marketing. Singapore: Lexington Books, 1990.
Kelly, Diane L. Applying Quality Management In Healthcare: A Systems Approach. 2nd ed. US: AUPHA Press, 2007.
Nugroho, Riant. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Komputindo, 2003.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tentang Standar Nasional Pendidikan tahun 2005
Steiner, George A. dan John B. Miner. Terjemahan Ticoalu dan Agus Dharma. Kebijakan dan Strategi Manajemen. Jakarta: Erlangga, 1997.
Stufflebeam. Daniel L, Coryn. Chris L. Evaluation, Theory, Models and Aplications. San Francisco, Jossey-Bass: 2014
Suharto, Edi. Analisis Kebijakan Publik. Bandung : ALFABETA:, 2005.
UNESCO - Education for All - Dakar Framework for action” www.unesco.org/education/efa/ed...all/dakfram_eng.shtm. (diakses 18 Agustus 2011)
Undang Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasonal
Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. (2013)
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. (2013).
DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v7i1.108426
Copyright (c) 2020 Jonni Mardizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.