RANCANGAN JOBSHEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DPIB DI SMKN 1 KOTO XI TARUSAN

Intan Aulia Putri, Fitra Rifwan, S.Pd, MT

Abstract


Abstrak - Jobsheet merupakan salah satu bahan ajar yang dapat membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Namun kenyataannya, jobsheet mata pelajaran Gambar Teknik  di SMKN 1 Koto XI Tarusan yang ada belum memenuhi kebutuhan dalam belajar. Akibatnya siswa kurang memahami pembelajaran yang diberikan guru sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan jobsheet sesuai dengan Kurikulum 2013. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R& D) dengan model pengembangan Four-D Models oleh Thiagaradjan. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner dengan skala Likert 4 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media, kemudian dilakukan uji coba lapangan ke siswa Kelas X DPIB dengan cara membagikan jobhseet Gambar Teknik yang telah dibuat.Kelayakan jobsheetdinilai melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif  kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian  didapatkan bahwa  hasil penilaian ahli materi yang mencakup aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek sajian, dan aspek manfaat mencapai nilai rata-rata 96 termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian ahli media yang meliputi aspek tampilan, kemudahan penggunaan, konsistensi, format dan kegrafikan mencapai nilai 80 dan temasuk kategori sangat baik.  Penilaian respon siswa memperoleh nilai rata-rata 77,98 dengan kategori sangat baik.

 

Kata kunci : Penelitian, Pengembangan, Jobsheet dan Gambar Teknik

Full Text:

PDF

References


Laras Oktavia Andreas dan Yuwalitas Gusmareta. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial. CIVED ISSN: 2622-6744 (Vol. 5., No. 4)

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ifdal. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung (IGB) kelas X SMK Negeri 5 Padang. CIVED ISSN: 2302-3341 (Vol. 1., No. 3)

Fadhil Fakhri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi pada Mata Kuliah Gambar Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. CIVED ISSN: 2622-6774 (Vol. 5., No. 4)

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Widarto. (2017). Panduan Penyusunan Jobsheet Mata Pelajaran Produktif pada SMK(Online),.(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-widartompd/panduan-penyusunanjobsheet-mapel-produktif-pada-smk.pdfdiakses 14 Juni 2019)

Khumaedi, M.(2015). Buku Ajar Gambar Teknik. Semarang: PTM.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Handayani , K. D. (2016). Pengembangan Media pembelajaran Jobsheet pada Kompetensi Dasar Menggambar dengan perangkat lunak di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan teknik Bangunan Vol 1 Nomer 1/JKPTB/16, 154-160

Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: januari 2018.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106224

Copyright (c) 2019 Intan Aulia Putri, Fitra Rifwan, S.Pd, MT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id