ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2018

Hendra Saputra, Dr. Fahmi Rizal, M.Pd, M.T

Abstract


Abstrak- Minat mahasiswa memilih Prodi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP merupakan pemusatan keputusan berdasarkan stimulus, kebutuhan pendidikan, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk memilih Prodi Pendidikan Teknik Bangunan sebagai lanjutan studi pada mahasiswa angkatan 2018.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, sampel penelitian ini sebanyak 50 mahasiswa dengan menggunakan teknik total sampling, yaitu pengambilan sampel dengan jumlah yang sama dengan populasi. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang terdiri 4 buah jawaban dan 66 item pernyataan. Teknik analisa data yang digunakan metode analisis faktor dengan ekstraksi variabel hingga menjadi satu atau beberapa faktor dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tujuh faktor pembentuk minat mahasiswa terhadap faktor-faktor memilih Prodi PTB  FT-UNP, yaitu: faktor diri pribadi, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sosial, faktor physical evidence, faktor fisik, faktor level gaya hidup, dan faktor persepsi. Dari ketujuh faktor yang mempengaruhi mahasiswa yang paling besar yaitu faktor diri pribadi yang dibentuk dari faktor: umur dan tahapan siklus, motivasi, minat, cita-cita, intelegensi, perhatian, bakat, motif, kematangan, dan kesiapan.

 

Kata kunci: faktor, minat, Prodi PTB.

Full Text:

PDF

References


Purwanto, M.Ngalim.(2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandi.(2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arif Firman Alim. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Profesi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (S1) Jurusan Teknik Sipil FT UNP.CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 4, No. 1).

Suparno, Suhaenah. (2001). Membangun kompetensi belajar. Departemen Pendidikan Nasional: Direktorat Pendidikan Tinggi.

Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Febry, Sandy. (2015). Faktor-Faktor Internal yang Mempengaruhi Waktu Penyelesaian Perkuliahan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP.CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 3, No. 3).

Pebriari, Andriana. (2015). Faktor-Faktor Yang Mendorong Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 3, No. 3).

Nalim. (2012). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Pekalongan. Jurnal: STAIN Pekalongan.

Dalyono. (2005). Dalam Khafid (2007: 192).Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi. Jurnal: UNNES.

Lubis, Syahron. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Suryani, Wan & Ginting, Paham. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih fakultas ekonomi iniversitas islam sumatera utara al munawah medan. Jurnal: UISU.

Setiadi, J. Nugroho. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group.

Adi, Isbandi Rukmin Fu. (1994). Psikologi Pekerjaan Sosial Dan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106223

Copyright (c) 2019 Hendra Saputra, Dr. Fahmi Rizal, M.Pd, M.T

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id