TINJAUAN KETERAMPILAN ABAD 21 (21ST CENTURY SKILLS) DI KALANGAN GURU KEJURUAN (STUDI KASUS: SMK NEGERI 2 SOLOK)

Yulianisa Yulianisa, Fahmi Rizal, Oktaviani Oktaviani, Rijal Abdullah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terpenuhinya penguasaan keterampilan abad 21 oleh guru SMK Negeri 2 Solok. Keterampilan abad 21 mengutamakan penerapan teknologi dan informasi yang berkaitan dengan aspek kecakapan hidup dan karir (life and career skills), keterampilan belajar dan berinovasi (learning and innovation skills) dan penggunaan teknologi dan media informasi (information media and technology skills). Tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan tingkat penerapan keterampilan abad 21 oleh guru-guru kejuruan SMK Negeri 2 Solok. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi sebanyak 53 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Temuan peneliti menunjukkan bahwa tingkat penerapan keterampilan abad 21 oleh guru-guru kejuruan SMK Negeri 2 Solok berada pada kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Liza Sartika, Azwar Inra, Prima Yane Putri. Keterampilan Teknis yang Dibutuhkan oleh Usaha Jasa Konstruksi di Kota Padang. (2014).

Pemerintah Indonesia. Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan

Dosen. Sekretariat Negara. Jakarta. (2005).

Dharma, Surya dkk. Tantangan Guru SMK Abad 21. Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah. (2013).

Yuhendri, Juniman Silalahi, Nevy Sandra. Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa selama Mengikuti PPLK menurut Persepsi Guru Pamong Mahasiswa Prodi PTB FT UNP. (2014).

Ira Safitri, Ungsi AOM, Maryati Jabar. Perbedaan Penilaian Kepala Sekolah dan Penilaian Diri Sendiri terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Produktif di SMKN 1 Pariaman. (2013).

Pemerintah Indonesia. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi Akademik dan Kompetensi. Sekretariat Negara. Jakarta. (2007).

Kuntari dan Madya, Widyaiswa. Pendidikan Abad 21 dan Implementasinya pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk Paket Keahlian Desain Interior. Artikel Kurikulum 2013 SMK. (2013).

Etistika, Dwi & Amat. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Jurnal Penelitian Volume 1 Tahun 2016. Malang. (2016).

Didik. Guru Abad 21. https://areknerut.wordpress.com/2012/12 /20/guru-abad-21-2/. Diakses tanggal 06 januari 2018. (2012)

M. Yahya Almursyid, Fahmi Rizal, An Arizal. Persepsi Guru Kejuruan SMKN 1 Bukittinggi terhadap Penerapan Kompetensi Guru Abad 21. (2018)

Afandi, Tulus & Rachmi. Implementasi Digital-Age Literacy dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Surakarta. (2016) [12] Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. (2012)




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102505

Copyright (c) 2018 Yulianisa Yulianisa, Fahmi Rizal, Oktaviani Oktaviani, Rijal Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id