ANALISIS KESULITAN BELAJAR STATIKA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Ridho Lazeryanda, Juniman Silalahi, Fitra Rifwan

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang  yang mengalami kesulitan belajar mata kuliah Statika. Sehingga mendapat nilai rendah pada mata kuliah tersebut.Penelitian deskriptif ini dengan populasi sebanyak 69 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2016 dan 2017. Sampel diambil sebanyak 59 orang mahasiswa menggunakan teknik pengambilan sampel stratified propotional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala likert 5 pilihan jawaban dan 34 butir pernyataan positif-negatif. Data yang didapat kemudian diolah untuk mencari deskripsi data, frekuensi, persentase tiap indikator dan persentase keseluruhan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar Statika mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan terjadi pada seluruh indikator (Indikator pemahaman materi Statika dan kemampuan menghitung mata kuliah Statika) pada kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Wikipedia. http://id.m.wikipedia.org/ (diakses 25 September 2018)

Oka Febri Rahmad. 2015. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Statika Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 3 No. 3).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyono. 2015. Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 3 No. 3).

Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Syaiful Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. [9] Mulyono Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Juniman Silalahi. 2009. Mekanika Struktur. Padang: UNP Press.

Juniman Silalahi dkk. Perangkat Pembelajaran Statika. Padang

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamzah B. Uno dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Okta Khurnia Wahyuni. 2016. Peningkatan Kemampuan Menghitung Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Menggunakan Media Konkret Koin Warna Pada Siswa Kelas II MI AL Hidayah Sawotratap. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102503

Copyright (c) 2018 Ridho Lazeryanda, Juniman Silalahi, Fitra Rifwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id