KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN SOFTWARE SKETCHUP DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

Ozi Ilham Syaputra, Juniman Silalahi

Abstract


Penelitian ini berawal dari pelaksanaan pembelajaran siswa Teknik Gambar Bangunan mengalami permasalahan dalam menggunakan aplikasi yang dimana beberapa siswa memiliki kemampuan yang kurang dalam menggunakan software sketchup serta lambat dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana belajar siswa dapat terpenuhi dengan baik apabila kesulitan belajar siswa menggunakan software sketchup ditinjau dari faktor intern dan factor ekstern. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat jurusan Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah responden 31 siswa. Data penelitian berupa data primer yang didapatkan langsung dari responden dengan instrument berupa kuisioner yang disusun berdasarkan skalalikert dengan empat s kala. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada sub variable faktor intern, indicator factor biologis berada pada kategori cukup dan indicator factor psikologis juga berada pada kategori cukup yang berarti bahwa belajar siswa tersebut belum terpenuhi dengan baik. Untuk sub variable factor ekstern, indikatorfaktorkeluargadanfaktorsekolahberadapadakategoricukup yang berarti belajar siswa tersebut belum terpenuhi dengan baik, sedangkan indicator factor masyarakat berada pada kategori kurang yang berarti bahwa bahwa belajar siswa tersebut tidak terpenuhi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. (2010)

Rispriyanto, Indra. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran PSKO di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Skripsi. Yogyakarta: FT-UNY. (2015)

Sulistyono, ZahrulHarmen, HennyYustisia. IdentifikasiKesulitanBelajarMahasiswaPada Mata KuliahKuantiti Surveying Program StudiPendidikanTeknikBangunanFakultasTeknik UniversitasNegeri Padang. CIVED ISSN 23023341 Vol. 3, Nomor 3, September. pp. 809-818. Universitas Negeri Padang. (2015)

Amanah, Ulfa Suci. Upaya Guru Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kademangan Blitar. Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN-Malang. (2008)

Kharismawan, Rabbani. Workshop Sketchup Basic bagi Guru SMA se-Jawa Timur. Modul Pelatihan. Surabaya: ITSN. (2010)

Sudjana, Nana dan Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru. (1989)

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT. Bumi Aksara. (2014)

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Teori Konsep Dasar dan Implementasi). Bandung: Alfabeta. (2014)

Widia Hapnita, Rijal Abdullah, Fahmi Rizal. Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED ISSN 2302-3411 Vol. 5, Nomor 1, Maret. pp. 2175-2182. Universitas Negeri Padang. (2018) [10] AnggiaRoza, AzwarInra, Rijal Abdullah. FaktorEksternalPenyebabKeterlambatanMahasi swaJurusanTeknikSipil FT UNP DalamMenyelesaikanSkripsi. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 4, Nomor 1, Maret. pp. 949-956. Universitas Negeri Padang. (2016)




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102502

Copyright (c) 2018 Ozi Ilham Syaputra, Juniman Silalahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id