HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PADANG
Andika Rahmadani, Fahmi Rizal, Fitra Rifwan
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Padang pada mata palajaran Gambar Konstruksi Bangunan dapat mengindikasikan kurangnya dukungan lingkungan keluarga siswa terhadap aktivitas belajar mereka. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan siswa tersebut. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Padang tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 26 siswa yang diambil menggunakan teknik Total Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah; 1) Analisis deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, dan 3) Uji Hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang cukup kuat dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan dengan nilai korelasi sebesar 0,549 dan nilai segnifikansi sebesar 0,004 ≤ nilai α = 0,05, serta nilai koefisien determinasi sebesar 30,1%, yang berarti lingkungan keluarga memberikan sumbangan sebesar 30,1% terhadap hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan yang diraih siswa tersebut.
References
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tengku Zahara Djaafar. (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Subbag Publikasi Sekretariat Badan.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Uyoh Sadulloh dkk. (2011). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
Fuad Ihsan. (2010). Dasar-Dasar Kependidikan: Komponen MKDK. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
DOI:
https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102499
Copyright (c) 2018 Andika Rahmadani, Fahmi Rizal, Fitra Rifwan
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.