PERAN DOSEN PEMBIMBING TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN KEPENDIDIKAN (PPLK) MAHASISWA FT-UNP SEMESTER JULI-DESEMBER 2017

Endriadi Endriadi, Revian Body

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan menyajikan data secara sistamatis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta tentang peran dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah melaksanakan PPLK FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 160 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Jumlah item pernyataan pada angket penelitian sebanyak 35 item. Hasil penelitian untuk mengetahui peran dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Sub indikator memberikan layanan orientasi dengan persentase 69 % dikategorikan cukup, sub indikator latihan terbimbing dengan persentase 66 % dikategorikan cukup, sub indikator latihan mandiri dengan persentase 67 % dikategorikan cukup, sub indikator ujian kinerja mengajar mahasiswa dengan persentase 66 % dikategorikan cukup. Kesimpulan dari hasil penelitian ini untuk mengetahui peran  dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017 dikategorikan cukup.

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta. (2003).

Tri Mardi Jaya Putra, Zulfa Eff Uliras, An Arizal. PPLK Student’s Competence Of Education Building Techniques Program Padang State University Based On Teacher’s Guide Assessment Of SMK In West Sumatera. (2015).

Navil Sabok Tono. Persepsi Mahasiswa Program S-1 Pendidikan Teknik Bangunan Terhadap Bimbingan Guru Pamong Pada Kegiatan PPLK Universitas Negeri Padang Semester Juli-Desember Tahun 2016. (2018).

Unit Program Pengalaman Lapangan Kependidikan. Pedoman Pelaksanaan Lapangan Kependidikan Mahasiswa. Universitas Negeri Padang. Padang. (2018).

Aldo Sepra Johannes, Juniman Silalahi, Risma Apdeni. Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK Menurut Persepsi Guru Pamong Pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017. (2018).

Wardani & Anah. Program Pengalaman Lapangan (PPL). Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1994).

Zainal Asril. Micro Teaching. Jakarta. Rajawali Pers. (2012).

Pemerintah Indonsia. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Sekretariat Negara. Jakata. (2012).

Pemerintah Indonesia. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2015 Tentang Registrasi Pendidik Pada Perguruan Tinggi. Sekretariat Negara. Jakarta. (2015).

Dasmo dan Sumaryati. Peran Guru Pamong Dan Dosen Pembimbing Terhadap Keberhasilan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa. Universitas Indraprasta PGRI. (2014).

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. Cara Menggunakan dan Memakai Part Analisis (Analisis Jalur). Bandung. Alfabeta. (2012).

Syahron Lubis. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang. Sukabina Press. (2011).

Nindia Hedi. Persepsi Mahasiswa Program Studi PKK Konsentrasi Tata Boga Tentang Tugas dan Tanggung Jawab Guru Pamong Dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK). Skripsi. (2014).

Nurwalya Rahmi. Pelaksanaan Pelayanan Pembimbingan Skripsi Oleh Dosen Terhadap Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan. Skripsi. (2017).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102494

Copyright (c) 2018 Endriadi Endriadi, Revian Body

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.