PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Adhitio Maldini.Js Maldini Js, M Giatman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan belum sepenuhnya menumbuhkan minat siswa untuk berwirausaha sesuai yang diharapkan, padahal telah diberikan pembelajaran kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 24 orang siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Pariaman. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, alasannya karena populasi kurang dari 100, maka dalam penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa angket dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Jumlah item pernyataan di dalam angket penelitian sebanyak 34 item. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata harga Mean minat berwirausaha siswa dikategorikan baik dengan persentase 41,66% sedangkan hasil belajar menurut kualifikasi nilai rapor diperoleh persentase 100% dengan kategori baik. Jadi dapat diartikan bahwa hasil belajar kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2017/2018,  jadi dapat disimpulkan bahwa jika hasil belajar kewirausahaan semakin baik maka semakin baik minat berwirausaha dan sebaliknya.

Full Text:

PDF

References


Geografis Sumatera Barat. (2018). “Letak Geografis Sumatera Barat”. Diakses tanggal 28 Februari 2018.

Badan Pusat Statistik. (2018). “Jumlah Pengangguran di Sumatera Barat”. Diakses tanggal 1 Maret 2018.

M. Giatman. “Implementasi ISO 9001:2008 Sebagai Sarana Agar Warga Sekolah Siap Menghadapi Perubahan Paradigma Pendidikan (Educational Change) Sesuai dengan Tuntutan Kurikulum 2013 di SMK”. Seminar Nasional Pengembangan Pembelajaran Vokasi dalam Perspektif Kurikulum 2013. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Padang. (2008).

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. (2010)

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. (2010).

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya. (2011)

Roni Komanhar, M. Giatman, Zulfa Eff Uli Ras. “Pengaruh Pemberian Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 2, Nomor 2, Maret. pp. 339-347. Universitas Negeri Padang. (2014).

Joko Purnomo, M. Giatman, Henny Yustisia. “Minat Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dalam Mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 3, Nomor 1, Maret. pp. 511520. Universitas Negeri Padang. (2015).

M. Giatman. “Building School Organizational Work Culture Through The Implementation Of Quality Management System ISO 9001: 2008”. International Journal of GEOMATE ISSN 2186-2990 Vol. 12, Nomor 30, Februari. pp. 132-139. Japan. (2017).

Suryana. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. (2014).

Buchari Alma. Kewirausahaan: Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: ALFABETA. (2013).

Suryani dan Hedryadi. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group. (2015).

Husna Fauziatul, Revian Body, Juniman Silalahi. “Persepsi siswa SMP Negeri di Tilatang Kamang tentang SMKN 1 Tilatang Kamang Jurusan Teknik Gambar Bangunan”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 3, Nomor 3, September. pp. 712-721. Universitas Negeri Padang. (2016).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102485

Copyright (c) 2018 Adhitio Maldini.Js Maldini Js, M Giatman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.