STUDI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN TEKNIK SIPIL FT-UNP

Rahman Eka Saputra, Iskandar G Rani, Fitra Rifwan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum puasnyamahasiswa dengan pelayanan proses pembelajaran yang di  laksanakan oleh dosen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui studi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan proses pembelajaran di jurusan Teknik Sipil FT-UNP.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan ankatan 2016 yaitu sebanyak 82 mahasiswa. Karena jumlah subjek kurang dari 100, maka semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan sistem penilaian jawaban menggunakan Skala Likert. Jumlah item pernyataan dalam angket sebanyak 45 item.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa studi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan proses pembelajaran di jurusan Teknik Sipil FT-UNP yang di tinjau dari Kualitas Pelayanan adalah tidak puas dengan persentase 1,22%, kurang puas dengan persentase 15,85%, puas dengan persentase 71,95% dan sangat puas dengan persentase 10,98%

Full Text:

PDF

References


Udang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet ke- III. Jakarta: Balai Pustaka

Kotler,Philip dan Lane Keller, Kevin. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Moenir, A.S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, Hamzah B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Syaodih, Nana dan Syaodih, Erliana. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rahmayanti, Nina. (2010). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuhelsi,Winda.,Kusumaningrum, Indrati.,Body, Revian.,Rifwan, Fitra. “Efektivitas Proses Pembelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Bangunan Smk Negeri 1 Batipuh”. CIVED ISSN: 2302 – 3341 Vol. 5, No. 1, Maret. Pp. 2183-2187. Universitas Negeri Padang. (2018)

Maulani,Giva.,Rizal, Fahmi.,Apdeni, Risma.,Andayono, Totoh. “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Tgb Smk N 2 Payakumbuh”. CIVED ISSN: 2302 – 3341 Vol. 5, No. 1, Maret. Pp. 2091-2094. Universitas Negeri Padang. (2018).

Afrisandy,Nino., Giatman, Abdullah, Rijal. “Persepsi Guru Tentang Program Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Pada Proses Pembelajaran Di Smk Negeri 5 Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 3, Nomor 3, September . Pp. 769-779. Universitas Negeri Padang. (2015).

Tjiptono, Fandy. (1994). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran.Jakarta: Prenhallindo.

Bodroastuti, Ngatmo Tri.(2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada PT. Sido Muncul Semarang.Skripsi. Semarang: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala.

Sallis, Endward. (2011). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Jogjakarta: IRCiSo [16] Azwar, Saifuddin. (2016). Menysun Skala Psikologi




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102484

Copyright (c) 2019 Rahman Eka Saputra, Iskandar G Rani, Fitra Rifwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.