PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X DPIB SMK N 1 KOTO XI TARUSAN
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sudarman. (2009). Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal. Universitas Mulawarman Samarinda.
Huda, Mifathul. (2013). Model-Model Pengajaran danPembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
Sudarman. (2009). Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal. Universitas Mulawarman Samarinda.
Saputra, Novianto Widi. (2017). Tingkat Aktivitas Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Sosial di SMA Negeri 10 Semarang Tahun2016/2017. Jurnal. Universitas Negeri Semarang.
Rusman. (2013). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Putri Andayani, Indrati Kusumaningrum, Revian Body. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasl Belajar Dasar-Dasar Gambar Teknik Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Bangkinang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 2, Nomor 3, September. Pp. 525-533. Universitas Negeri Padang. (2014)
Giva Maulani, Fahmi Rizal, Risma Apdeni, Totoh Andayono. “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X TGB SMKN 2 Payakumbuh”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol 5, Nomor 1, Maret. Pp. 2091-2094. Universitas Negeri Padang (2018).
Michael Sulaiman Halawa, Bahkri, Rusnardi Rahmat Putra. “Hubungan Antara Harapan Siswa (Student Expectation) Terhadap Guru Mata Pelajaran Ilmu Statika Dan Tegangan Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Batu Dan Beton SMK N 5 Padang Tahun Ajaran 2014/2015” CIVED ISSN 2302-3341 Vol 3, Nomor 1, Maret. Pp. 529537. Universitas Negeri Padang (2018).
Rahmawati, A. (2015). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mekanika Teknik Melalui Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Silalahi, Juniman. (2012). Teori dan Analisis Struktur: Mekanika Terapan 1. Padang: Sukabina Press.AFABETA.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102482
Copyright (c) 2019 Helda Putri, Juniman Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.