PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X DPIB SMK N 1 KOTO XI TARUSAN

Helda Putri, Juniman Silalahi

Abstract


penelitian ini berawal dari adanya masalah rendahnya nilai siswa SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Rendahnya nilai siswa terungkap pada saat peneliti melakukan wawancara kepada guru mata Pelajaran Mekanika Teknik. Peneliti melihat bahwa nilai siswa banyak yang di bawah KKM. Melihat masalah ini maka peneliti tertarik untuk menerapkan strategi model pembelajaran Collaborative Learning (CL) tipe Jigsaw pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu)dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Pengumpulan datamenggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 25 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test).Hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Collaborative Learning tipe Jigsaw memiliki nilai rata-rata (80) yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata (72). Sedangkan dari perhitungan t-test diperoleh thitung besar dari ttabel. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Collaborative Learning tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK N 1 Koto XI Tarusan.

Full Text:

PDF

References


Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sudarman. (2009). Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal. Universitas Mulawarman Samarinda.

Huda, Mifathul. (2013). Model-Model Pengajaran danPembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Sudarman. (2009). Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal. Universitas Mulawarman Samarinda.

Saputra, Novianto Widi. (2017). Tingkat Aktivitas Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Sosial di SMA Negeri 10 Semarang Tahun2016/2017. Jurnal. Universitas Negeri Semarang.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putri Andayani, Indrati Kusumaningrum, Revian Body. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasl Belajar Dasar-Dasar Gambar Teknik Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Bangkinang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 2, Nomor 3, September. Pp. 525-533. Universitas Negeri Padang. (2014)

Giva Maulani, Fahmi Rizal, Risma Apdeni, Totoh Andayono. “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X TGB SMKN 2 Payakumbuh”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol 5, Nomor 1, Maret. Pp. 2091-2094. Universitas Negeri Padang (2018).

Michael Sulaiman Halawa, Bahkri, Rusnardi Rahmat Putra. “Hubungan Antara Harapan Siswa (Student Expectation) Terhadap Guru Mata Pelajaran Ilmu Statika Dan Tegangan Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Batu Dan Beton SMK N 5 Padang Tahun Ajaran 2014/2015” CIVED ISSN 2302-3341 Vol 3, Nomor 1, Maret. Pp. 529537. Universitas Negeri Padang (2018).

Rahmawati, A. (2015). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mekanika Teknik Melalui Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Silalahi, Juniman. (2012). Teori dan Analisis Struktur: Mekanika Terapan 1. Padang: Sukabina Press.AFABETA.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102482

Copyright (c) 2019 Helda Putri, Juniman Silalahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.