ANALISIS KENDALA MAHASISWA DALAM PROSES PENULISAN SKRIPSI (STUDI KASUS: MAHASISWA TAHUN MASUK 2010-2013 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FT UNP)

Ema Maria Andani, Oktaviani Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kendala dan penyebab lama penulisan skripsi. Adapun kendala yang akan diungkapkan adalah yang dialami mahasiswa selama proses penulisan skripsi, baik kendala dari diri sendiri maupun dari luar. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Sipil FT UNP. Informan/responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2010-2013 yang sedang mengambil mata kuliah skripsi semester Juli-Desember 2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling. Tekniks snowball sampling berarti mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari informan hingga tidak ditemukan informasi baru lagi/data sudah jenuh. Pada penelitian ini jumlah informan tidak ditentukan karena penelitian akan tercapai apabila data yang diperoleh sudah jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala dari diri sendiri penyebab lama penulisan skripsi mahasiswa adalah malas. Sedangkan kendala dari luarnya adalah dosen susah ditemui karena sibuk. Selain itu juga diketahui penyebab mahasiswa kesulitan dalam menulis skripsi adalah susah menemukan referensi.

Full Text:

PDF

References


UNP. Materi PKKMB. Padang: UNP. (2017).

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Sekretariat Negara. Jakarta. (2012).

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang RI No. 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sekretariat Negara. Jakarta. (2015). [4] Burhanuddin Salam. Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi. Jakarta: Rineka Cipta. (2004).

Dalman. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Garfindo Persada. (2016).

Windha Sri Yuhartini, Fahmi Rizal, Indrati Kusumaningrum. Kontribusi Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Kelancaran Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. CIVED ISSN 2302-3341 Vol.

Tim kerja. Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Padang: Jurusan Teknik sipil. (2014).

Annisa Rachmi, Tony Dwi Susanto, Anisah Herdiyanti. Pembuatan Standard “Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja Itil V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan (Studi Kasus: PT. XYZ , Tangerang)”. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 3, No. 2, (2014) ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print). Instutut Teknologi Sepuluh November. (2014).

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. (2010). [10] Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. (2011).

Sardiman A.M. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja. (2012).

Akbar Vilhayati, Azwar Inra, Rijal Abdullah. Studi Pemanfaatan Internet Dalam Proses Penulisan Skripsi Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 4, No. 1, Maret. pp. 1-8. Universitas Negeri Padang. (2016).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. (2012).

Julita. Faktor-Faktor Penghambat Dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Di Jurusan Kesejahteraan Keluarga. Padang: UNP. (2015).

Rahmiati. Analisis Kendala Internal Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Makassar: Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin. (2015).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102478

Copyright (c) 2019 Ema Maria Andani, Oktaviani Oktaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.