Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana kompetensi dan persepsi dukungan organisasi memengaruhi retensi karyawan, serta bagaimana kompetensi dan persepsi dukungan organisasi memengaruhi komitmen organisasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap retensi karyawan, serta peran kompetensi dan persepsi dukungan organisasi dalam mempengaruhi retensi melalui komitmen organisasi. Penelitian dilakukan pada populasi karyawan PT Bank Bengkulu pusat, di mana metode "non-probability sampling" digunakan untuk memilih 80 responden dalam survei. Untuk menganalisis data, teknik Partial Least Square-SEM diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan persepsi dukungan organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap retensi karyawan. Meskipun demikian, kompetensi tidak secara signifikan memengaruhi komitmen organisasi, sementara persepsi dukungan organisasi memiliki pengaruh yang berarti terhadap komitmen organisasi. Komitmen organisasi ternyata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap retensi karyawan. Selain itu, meskipun kompetensi tidak secara langsung memengaruhi retensi melalui komitmen organisasi, persepsi dukungan organisasi secara tidak langsung memengaruhi retensi melalui pengaruhnya terhadap komitmen organisasi.


Keywords


Kompetensi; Persepsi Dukungan Organisasi; Komitmen Organisasi; Retensi