Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentan kepemimpinan instruksional kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan metode sistematic literature review dengan menggunakan populasi sebanyak 100 artikel yang kemudian di ekslusi dan inklusi untuk menentukan sampel. Sampel penelitian setelah dilakukan ekslusi dan inklusi yaitu sebanyak 10 artikel menggunakan kriteria yang dijelaskan pada (Hadi et al., 2020). Teknik analisis artikel menggunakan tahapan analisis dengan menilai kualitas penelitian yang ada, mengidentifikasi perbedaan dan persamaan antar penelitian, dan meringkas hasil penelitian. Hasil tahap analisis ini kemudian diinterpretasikan dan disajikan dalam bentuk laporan atau artikel ilmiah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepemimpinan instruksional kepala sekolah adalah proses memberikan pengaruh yang bertujuan pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pada perilaku guru untuk dapat meningkatkan pemahaman dan secara maksimal menggunakan kompetensinya agara lebih produktif dan inovatif dalam meningkatkan kinerjanya dalam mengajar. Kemudian kepemimpinan instruksional lebih mempengaruhi pembelajaran siswa daripada kepemimpinan transformasi. Terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja mengajar guru dengan variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan efikasi diri guru dan dapat membawa dampak positif terhadap kemajuan sekolah.


Keywords


Kepemimpinan Instruksional; Meningkatkan Mutu Pembelajaran