Abstract
Artikel ini membahas tugas tenaga pendidik dalam menggerakkan program merdeka belajar di Indonesia. Metode penelitian menggunakan studi literatur review, penelitian ini dikembangkan melalui penggunaan buku, jurnal serta dokumen lain yang berkaitan dengan artikel ini. Tujuan penelitian ialah untuk memberikan gambaran tentang peran tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan teknologi yang ada sehingga peserta didik terdorong untuk meningkatkan prestasi akademiknya. Peserta didik mampu mandiri sesuai dengan aspek profil pelajar Pancasila yang mengharuskan peserta didik untuk bernalar kritis, berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis dan mandiri. Pembelajaran merdeka menciptakan peserta didik tidak hanya mengetahui pembelajaran tetapi memiliki kemampuan menganalisis dan penalaran yang tinggi dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Selain itu di kelas, tenaga pendidik berperan menjadi pembimbing dan pelatih bagi peserta didik
Keywords
Tenaga pendidik; mengelola pembelajaran; Merdeka belajar