Abstract


Kompetensi pedagogic guru memiliki hubungan kausalitas dengan Prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalsis Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 1 Inobonto 2.  Penelitian ini termasuk  desain kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri 1 Inobonto 2. Dan sampel dalah seluruh peserta didik kelas V dan VI yang berjumlah 38 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dokumentasi Analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogic guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik yang ditunjukan oleh nilai koefisien 0,644. Pengaruh ini sangat signifikan pada taraf alfa 0,05. Semakin baik kompetensi pedagogic guru maka semakin baik prestasi belajar peserta didik. Dengan demikian, disarankan kepada pihak sekolah dan guru agar senantiasa meningkatkan kompetensi  pedagogic guru

Keywords


Kompetensi; pedagogik; guru; peserta didik