Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengelolaan Pembelajaran di MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Penelitian ini termasuk desain kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif, yaitu yaitu menggali kondisi tentang pengelolaan pembelajaran di MTs Negeri 2 Bolsel. Pengelolaan pembelajaran dianalisis dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 5 orang yang terdiri dari kepala madrasah, tiga orang guru dan satu orang staf. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi, yaitu uji kecocokan antara data hasil wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara sistematis, dimulai dengan kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa aspek perencanaan pembelajaran di MTs Negeri Bolsel diawali dengan rapat dewan guru guna membahas persiapan pembelajaran yang dilakukan setiap awal semester. Perencanaan tentang penguatan kompetensi guru dalam membuat dokumen perencanaan seperti RPP, Media, Model dan strategi. Aspek pelaksanaan dilakukan dengan empat aktivitas pengelolaan focus pada Pendidik berupa kemampuan Guru dalam menggunakan berbagai media dan penguasaan bahan ajar. Kedua pengelolaan berfokus pada peserta didik . Ketiga focus pada prosedur pembelajaran, penggunaan metode dan teknik. Keempat focus pada pengelolaan lingkungan kelas evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan pada aspek materil terkait dengan kognitif dan afektif.