Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis tentang Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMKN 1 Lembah Melintang dengan berfokus pada kebijakan mutu, perencanaan mutu, pelaksanaan, dan pengawasan. Untuk mencapai tujuan Penelitian peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh  kemudian dianalisis menggunakan teknik  reduksi data, penyajian data dan  penarikan kesimpulan/verifikasi. Sebagai informan penelitian ialah Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah, Komite Sekolah, Tim Penjamin Mutu sekolah, Guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, Perencanaan peningkatan mutu pendidikan di SMKN 1 lembah Melintang disesuaikan dengan hasil Evaluasi Diri Sekolah yang tertuang kedalam rapor mutu sekolah dan  harus fokus pada nilai-nilai yang belum memenuhi standar pendidikan.  Implementasi manajemen peningkatan mutu pendidikan dimulai dengan penyusunan perangkat Pembelajaran dan Teacheng Factory (TEFA), sosialisasi program, pengembangan sarana dan prasarana, peningkatan kompetensi guru, Peningkatan Kompetensi Siswa, pelaksanaan Supervisi akademik, Remedial dan Pengayaan, pembentukan organisasi LSP, peningkatan kedisiplinan dan kerjasama. Mutu pendidikan di SMKN 1 Lembah melintang masih dalam kondisi kurang baik. Kendalanya adalah rendahnya kualitas SDM, Anggaran sekolah yang tidak mencukupi, Sarana dan prasarana yang belum memadai, konsistensi dan kerjasama  yang kurang baik sehingga menyebabkan fungsi-fungsi manajemen tidak berjalan dengan baik seperti fungsi pelaksanaan dan pengawasan. Kepala Sekolah sebagai manajerial harus mampu mengelola, memanfaatkan dan meningkatkan segala sumberdaya yang dibutuhkan sekolah agar fungsi-fungsi manajemen dapat berajalan dengan baik. Tentu hal ini akan terwujud apabila kepala sekolah mampu membuat rencana yang lebih strategis dan memiliki komitmen yang kuat untuk melaksanakannya serta  dapat membangun kerjasama yang baik dalam pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan. Pengawasan perlu ditingkatkan agar setiap warga sekolah lebih bertanggung jawab dalam mengemban tugas-tugasnya dalam meningkatkan mutu pendidikan.


Keywords


Manajemen Mutu Pendidikan; Manajemen Sekolah