Abstract


Penelitian ini bertujuan menguraikan proses pengembangan video pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas VIII SMP. Video dibuat berdasarkan analisis kebutuhan siswa mengenai kebutuhan bahan ajar yang lebih lengkap. Instrumen penelitian berupa pengamatan, lembar angket dan wawancara. Pengembangan video menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pada tahap analisis, dihasilkan beberapa analisis kebutuhan yang membahas temuan masalah serta kebutuhan dalam proses pembelajaran menulis teks eksposisi. Selanjutnya pada tahap desain, ditentukan flowchart struktur materi dalam produk. Lalu pada tahap pengembangan atau development, diperoleh hasil validasi ahli materi dan ahli media yang dihitung menggunakan rumus skala likert untuk melihat pencapaian hasil produk yang efektif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi diperoleh nilai rata-rata 89,58 pada tahap validasi kedua yang tergolong tinggi. Hasil validasi dari ahli media pada tahap validasi kedua memperoleh nilai rata-rata 98,00 dengan kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan rumus N-Gain memperoleh nilai kognitif sebesar 0,77 dan nilai psikomotor sebesar 0,79 artinya video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada materi teks eksposisi. Dengan demikian produk pengembangan berupa video pembelajaran menulis teks eksposisi layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


pengembangan; video; pembelajaran; menulis; teks eksposisi