Manajemen Konflik di SMKF IMAM BONJOL BUKITTINGGI

Syahril Syahril(1), Nabila Friesyyah(2),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.111557

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukaan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pendidik, tenaga pendidik, guru bimbingan konseling, dan siswa. Keabsahan data menggunakan teori dari Sugiyono (2012) yang meliputi validitas internal, validitas eksternal, reliabilitas, dan obyektivitas. Analisis data yang digunakan adalah kombinasi dari teori Dey (2003) dan Miles, Huberman, & Saldana (2014).Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat beberpa jenis konflik yang terjadi di sekolah diantaranya konflik pribadi, konflik guru dengan guru, konflik guru dengan siswa, dan konflik guru dengan Kepala Sekolah..(2) factor yang mempengaruhi terjadinya konflik ada fakto individu dan factor dari lingkungan. (3) Strategi yang digunakan dalam manajemen konflik berbeda-beda sesuai dengan solusi yang paling tepat. (4) Faktor pendukung dalam manajemen konflik pendukung manajemen konflik adalah komunikasi yang efektif, care, memiliki satu visi misi dan tujuan, memiliki satu persepsi,komitmen, memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan kepedulian Kepala. Faktor penghambat dalam manajemen konflik adalah perbedaan usia, persepsi, kesenjangan, ketidak patuhan akan aturan, komunikasi yang tidak efektif, tidak memiliki satu visi, misi dan tujuan, ketidak lengkapan sarana dan apatis terhadap lingkungan.


Keywords


konflik, manajemen konflik, sekolah

References


a.Fitz-enz, J, Davison, B. (2011). How to Measure Human Resources Management. New York. McGraw-Hill.

Engkoswara & Komariah, A. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Fattah, N. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gibson, I. D. (1994). Organisasi dan Manajemen. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Hafidz, M. F. (2014) Implementasi manajemen konflik dalam menemukan solusi perbedaan pendapat: Belajar dari kisah Nabi Musa dan Khidir dalam Surat al Kahfi ayat 60-82. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Handoko, H. T. (1998). Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Harris, A. (2004). Distributed leadership and school improvement leading or misleading?. Educational Management Administration And Leadership. 32, 1.

Hughes, R. L, Ginnett, R. C, Curphy, G. J. (2012). Leadership: Enchancing the

Lessons of Experience. New York. Mc Graw Hill.

Ivancevich, J. M. (201). Human Resource Management. New York. Mc Graw Hill

Ivancevich, J. M., Konopaske, . & Matteson, M. T. (2007). Perilaku dan

Manajemen Organisasi. (Terjemahan Dharma Yuwono, S.Pd.) The McGraw- Hill Companies: USA. (Buku asli diterbitkan tahun 200 – edisi ketujuh).

Jassawalla, A. (2017). How and why millennials are initiating conflict in vertical dyads and what they are learning: a two-stage study. Emeraldinsight, 28, 5 (diakses pada 25 Mei 2018).

Loughry, M. L. (2014). Why won’t task conflict cooperate? deciphering stubborn results. Emeraldinsight, 25, 4, 333-358. (diakses pada 25 Mei 2018).

Marcelo, C. (2009). Los comienzos de la docencia: un profesorado con buenos principios. Revista De Curriculum y Formación Del Profesorado,13, 1.

Markel, S. K. (1998). Job characteristics,work-school conflict, and school outcomes among adolescents: testing a structural model. Journal of Applied Psychology, 83, 2, 277-287

Mayake, J, Ndofirepi. A. P. (2012). conflict resolution between heads and teachers: the case of 4 schools in masvingo zimbabwe, greener Journal of Educational Research. Greener Journal of Educational Research, 2, 4

http://www.gjournals.org/GJER/GJER%20PDF/2012/November/Makaye% 20and%20Ndofirepi.pdf, (diakses: pada 25 Mei 2018)

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana. J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook: McCandless

Mister, N. (2017). Pengaruh efektifitas komunikasi, manajemen konflik kepala

sekolah, dan komitmen kerja guru terhadap disiplin kerja guru di sekolah

menengah kejuruan kalianda. Universitas Lampung

Moleong, L. J. (1988). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Remaja

Rosdakarya, Jakarta,1988.

Mulyasa. ( 2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara

________. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Professional dalam Konteks Menyukseskan MBS DAN KBK. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

________. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Roskarya

Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana

Muslim, A. (2014). Manajemen konflik interpersonal di sekolah. Jurnal Pedagogi, 1, 2.

Nahavandi, A, Denhaedt, R. B, Denharot, J. V, Aristigueta, M. P. (2015). Organizational Behavior. Canada.: Sage Publoations Ltd.

Nir, A, Eyal, O. (2003). School‐based management and the role conflict of the school superintendent. Journal of Educational Administration, 41, 5, 547-564.

Parawansa, K. I. (2017). Kasus Bullying Yogyakarta. Tribun Yogya, hal. 2.

Pandey, S. C. (2013). The SAGE Handbook of Conflict Communication: Integrating Theory, Research and Practice (2nd ed.). Emeraldinsight, 26, 1.

https://www.emeraldinsight.com/doi/full/10.1108/IJCMA-08-2014 0060

(diakses pada 25 Mei 2018).

Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta

Rahim, M. A. (2002). Toward a theory of managing organizational conflict. International Journal of Conflict Managemen, 13:3, 206-235

Rusdiana. (2013). Pengembangan Organisasi Lembaga Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia Bandung

Robbins, S. P. (2012). Organizational Behaviour. New Jersey: Prentice Hall.

Sagala, S. (2000). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Samani, M. (2009). Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta.

Stevenson, W. J, Chuong, S. C. (2014). Manajemen operasi perspektif asia. Ney York. McGraw Hall.

Stoner, James A. F., & Charles. W. (1989). Management. 3rd ed. Englewood New Jersey. Prentice Hall.

Syukur, F. (2011). Manajemen Pendidikan. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.

Sobri. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Multi Pressindo

Somech, A. (2008). Managing conflict in school teams: the impact of task and goal interdependence on conflict management and team effectiveness. Educational Administration quarterly, 44, 3.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

________. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA. Sumidjo, W. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sunarno & Liana, L. (2015). Pengaruh komitmen organisasional dan budaya organisasi terhadap kinerja pendidik dimediasi kepuasan kerja (Studi kasus pada pendidik SMA Kesatrian dalam Yayasan Pendidikan Kesatrian 67) Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank. Retrieved from https://media.neliti.com/media

Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pendidik sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1028.

Tahir, S. (2014). Leadership styles: relationship with conflict management styles. International Journal of Conflict Management, 25, 3, 214-225.

Usman, H. (2011). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usman, H. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Uwes. S, Rusdiana. H. A. (2017). Manajemen Pendidikan.Bandung: CV Pustaka Setia

Wahjosumidjo. (2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Prasada

Wahyudi. 2006. Manajemen Konflik dalam Organisasi. Bandung: Alfabeta. Wijono, S. (1993). Konflik dalam Organisasi /industry dengan Berbagai Strategi Pendekatam Psikologis. Semaranng: Satya wacana

Wirawan. (2013). Konflik dan Manajemen Konflik ( teori, aplikasi dan penelitian. Jakarta: salemba humania

World Economic Forum. (2017). The global human capital report; Preparing people for the future of work. Geneva: Switzerland

Yin. R.K. (2014). Case study research design and methods. London: SAGE Publicati


Article Metrics

 Abstract Views : 826 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 445 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.