Meningkatkan Kemampuan TPACK dengan Artificial Intelligence for Education (AIEd) bagi Guru SMPN 4 Padang Panjang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Ainul Addinna, Eni Kurniawati, Prisyanti Suciaty, Nur Rosita
DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v6i1.131087
Full Text: Language : en
Abstract
Tahun 2024 menjadi tahun yang berbeda bagi guru di Indonesia yang mana guru diharuskan mengisi e-kinerja di aplikasi PMM dan menetapkan Refleksi Kompetensi. Refleksi Kompetensi ini berfokus pada kesesuaian kompetensi guru dengan kebutuhan peserta didik. Kompetensi guru ini salah satunya adalah TPACK atau Technological Pedagogical Content Knowledge yang dapat berbantukan Artificial Intelligence (AI). TPACK adalah framework pengetahuan guru abad 21 yang berguna menunjang skill pengajaran. Sementara AI adalah sejumlah aplikasi yang dapat mempermudah dan menunjang pengajaran. Dengan alat bantu ini, guru dapat mengoptimalkan kualitas dan kuantitas pembelajaran baik dari segi persiapan materi, pemberian tugas terstruktur secara digital, pelaksanaan pengajaran, dan evaluasi secara online yang hasilnya dapat secara cepat dan in real time. Hal ini membuat kegiatan mengajar dapat dilakukan tanpa kertas (paperless), tanpa papan tulis (boardless), dan dapat dilakukan dari mana saja (anywhere) dan kapan saja (anytime). Oleh sebab itu, workshop ini adalah salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan kompetensi professional dan pedagogik guru. Disisi lain, pelatihan ini juga memberikan kebermanfaatan digital literacy skill bagi guru dalam pembelajaran di era digital. Guru akan mampu menyiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran 4.0 yang tidak terbatas ruang dan waktu.
Keywords
References
Dayanti F, Hamid A. Integrasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dengan Information Communation and Technology (ICT) Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMA Gema 45 Surabaya. metode. 2021 Dec;13(2).
Esposito M, Zendrian J. Blended Learning and TPACK: How Teachers Can Use the Method to Engage Students. InEdMedia+ Innovate Learning 2020 Jun 23 (pp. 1060-1067). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).
Evans C, Robertson W. The four phases of the digital natives debate. Human Behavior and Emerging Technologies. 2020 Jul;2(3):269-77.
Fallon J. Google Classroom for third grade writing. Rowan University; 2015.
Herring MC, Koehler MJ, Mishra P, editors. Handbook of technological pedagogical content knowledge (TPACK) for educators. New York: Routledge; 2016 Jan 29.
Irmawan A. Analisis Perbandingan Kinerja Guru yang sudah disertifikasi dan yang belum disertifikasi pada SMA Negeri Pulau Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Jurnal Administrasi Publik. 2022 Jun 30;18(1):97-126.
Izza A, Rusydiyah EF. Analisis model SAMR pada guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan motivasi belajar siswa. Edureligia: Pendidikan Agama Islam. 2020;4(1):11-34.
Kemendikbud, (2021). Neraca Pendidikan Daerah. https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg
Koehler MJ, Mishra P, Cain W. What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Journal of education. 2013 Oct;193(3):13-9.
M. Zafari, J. S. Bazargani, A. Sadeghi-Niaraki and S. -M. Choi, "Artificial Intelligence Applications in K-12 Education: A Systematic Literature Review," in IEEE Access, vol. 10, pp. 61905-61921, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3179356.
Oakley G. Developing pre-service teachers’ technological, pedagogical and content knowledge through the creation of digital storybooks for use in early years classrooms. Technology, Pedagogy and Education. 2020 Mar 14;29(2):163-75.
Risnanosanti R, Ramadianti W, Syofiana M, Raniwati DM. Level TPACK guru matematika melalui model SAMR dan komunitas belajar berbasis lesson study. JURNAL e-DuMath. 2022 Aug 25;8(2):66-75.
Rosita, Sari & Rahmalina. (2022). Penguatan TPACK berbasis Blended Learning menggunakan Google Apps for Education untuk Guru SMPN 3 Padang Panjang. Abdi Humaniora, Vol. 3, No. 1, 2022 Page 15-23
Salas-Pilco, S.Z., Yang, Y. (2022). Artificial intelligence applications in Latin American higher education: a systematic review. Int J Educ Technol High Educ 19, 21 (2022). https://doi.org/10.1186/s41239-022-00326-w
Suša Vugec D, Stjepić AM. Digital literacy of digital natives. InTechnological Challenges: The Human Side of the Digital Age 2022 Apr 28 (pp. 61-91). Cham: Springer International Publishing.
Ummam MK, Maulidah L, Syihabbudin M. Konsep dan Operasionalisasi Model SAMR dalam Pembelajaran PAI. Akademika. 2021 Jul 1;15(1).
Wibawanto H, Roemintoyo R, Rejekiningsih T. Indonesian Vocational High School Readiness Toward Society 5.0. Journal of Education Research and Evaluation. 2021 Feb 13;5(1):24-32.
Article Metrics
Abstract Views : 14 timesPDF Downloaded : 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ainul Addinna, Eni Kurniawati, Prisyanti Suciaty, Nur Rosita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.