Pelatihan Penulisan dan Publikasi Jurnalistik pada Media Massa Cetak dan Elektronik bagi Perangkat Nagari Dalko Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Ermanto Ermanto(1), Zulfadhli Zulfadhli(2),
(1) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v5i1.125411
DOI (PDF): https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v5i1.125411.g108351

Full Text:    Language : en

Abstract


Permasalahan mitra yakni perangkat Nagari Dalko Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam adalah (1) permasalahan pertama, perangkat Nagari Dalko Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam memerlukan keterampilan menulis karya-karya jurnalistik dan (2) permasalahan kedua, perangkat Nagari Dalko Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam belum memiliki keterampilan yang memadai untuk memublikasikan karya-karya jurnalistik ke berbagai media, baik media cetak, media elektronik, maupun media sosial lainnya.

Bertolak dari permasalahan tersebut, solusi yang diperlukan adalah kegiatan pelatihan (1) penulisan karya jurnalistik dan (2) keterampilan publikasi karya jurnalistik ke berbagai media, baik media cetak, media online, media elektronik, maupun berbagai media sosial lainnya.

Keterampilan IPTEK yang diterapkan adalah Perangkat Nagari Dalko Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam guru-guru anggota MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Agam terampil (1) menulis dan menyusun karya-karya jurnalistik dan (2) memiliki keterampilan publikasi karya jurnalistik di berbagai media.

Metode kegiatan dalam melaksanakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan mitra: (1) metode pelatihan untuk menulis karya-karya jurnalistik dan (2) publikasi karya jurnalistik di berbagai media.

Luaran yang akan dicapai adalah sebagai berikut: (1) berita dan artikel pada media masa elektronik di portal beritaminang.com, (2) video kegiatan pengabdian yang dimuat pada laman fbs.unp.ac.id. dan kanal youtube FBS-TV Universitas Negeri Padang, (3) artikel jurnal pada jurnal ber-ISSN yakni Jurnal Abdi Humaniora, dan (4) peningkatan keterampilan mitra dalam menyusun dan memublikasikan karya jurnalistik di berbagai media.


Keywords


Penulisan karya jurnalistik, publikasi, media massa

Article Metrics

 Abstract Views : 60 times
 PDF Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.