Pelatihan Bahasa Jepang Bagi Mahasiswa Prodi Keperawatan Stikes Syedza Saintika Padang

Damai Yani(1), Firza Firza(2), Vivi Yuderna(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v4i2.120555
DOI (PDF): https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v4i2.120555.g108311

Full Text:    Language : en

Abstract


Pada tahun 2005, pemerintah Indonesia mengutarakan permintaan adanya kerjasama pengiriman perawat-perawat Indonesia ke Jepang. Permintaan ini dilatarbelakangi adanya surplus tenaga keperawatan dan defisit pada permintaan pekerjaan di Indonesia, terutama bagi mereka lulusan sekolah/akademi Keperawatan (akper) ataupun Perguruan Tinggi Keperawatan. Kemampuan berbahasa Jepang menjadi salah satu syarat bagi tenaga perawat Indonesia yang ingin bekerja di Jepang. Beberapa hal yang menjadi kendala dalam mempelajari bahasa Jepang diantaranya: aksara yang digunakan dan struktur kalimatnya.

PKM ini memberikan pelatihan bahasa Jepang kepada mahasiswa prodi keperawatan Stikes Syedza Saintika Padang, Pelatihan ini bertujuan untuk: Memberikan pengetahuan tentang bahasa dan budaya Jepang, yang meliputi: memperkenalkan budaya kerja Jepang, Memperkenalkan bahasa Jepang dasar berupa aisatsu (salam) dan jikoushokai (perkenalan), Memberikan pengetahuan tentang istilah – istilah yang berhubungan dengan keperawatan dalam bahasa Jepang.

Keywords


bahasa jepang keperawatan, aisatsu, jikoshoukai

References


Bunkacho. (1988). Aisatsu Kotoba Siriizu 14 : Aisatsu to Kotoba. Jepan

Lisbet, “ Peningkatan kerjasama bilateral Indonesia-Jepang” majalah Info Singkat Vol.IX,no02/II.Puslit/Janusary/2017:5 pada http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/info%20Singkat-IX-2-11-P3DI-Januari2007- 238.pdf diakses 3 Maret 2022 15.13

Meier, D. 2002. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Rusman. 2012. Model–model Pembelajaran: Pengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi Kedua). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada


Article Metrics

 Abstract Views : 79 times
 PDF Downloaded : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.