Bimtek Pemantapan TPACK bagi Guru SMAN 3 Padang Panjang berbasis Internet of Things

Rifki Oktoviandry(1), Nur Rosita(2), Syafitri Ramadhani(3), Prisyanti Suciaty(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v4i2.120432
DOI (PDF): https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v4i2.120432.g107832

Full Text:    Language : en

Abstract


Sektor pendidikan telah merujuk pada pendekatan Internet of Things di abad ke-21. Faktanya, guru berusaha mengelola dan mengintegrasikan penggunaan teknologi ke dalam pengetahuan pedagogis dan konten di kelas. Pengabdian ini mencoba memaparkan penilaian self-rating guru dalam menerapkan teknologi dalam proses pengajaran mereka untuk meningkatkan kompetensi konten dan pedagogik mereka agar lebih berkembang. Sebanyak 25 orang guru di SMAN 3 Padang Panjang telah mengisi kuesioner TPACK yang diadaptasi dari Schmidt (2009) untuk mengetahui pengetahuan mereka di bidang teknologi, pedagogik, dan konten. Pendekatan deskripsi data qualitative digunakan untuk menganalisis data angket scoring menggunakan likert scale 1-4. Terlihat bahwa skala penilaian diri guru pada TPACK berkembang dengan baik. Kemudian, tersirat bahwa mereka tidak dapat mengembangkan konten dan pedagogi tanpa teknologi. Dengan demikian, teknologi menjadi faktor penting untuk mendukung pedagogi dan pengetahuan konten dalam pembelajaran abad 21.


Keywords


TPACK, Internet of Things, hybrid learning

References


Hartati, Yumi. (2017). Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Karakter dengan Blended Learning Berbantu Hypermedia dalam Rangka Meningkatkan Kemandirian Siswa. Prosiding Seminar Nasional PPKn III

Juliane, Christina dan Iping Supriana. (2017). Digital Teaching Learning for Digital Native; Tantangan dan Peluang.

Kantun, Sri dan Rarars Siswandini. (2016). Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Pesera Didik Kelas XI IPS-2 SMAN 5 Jember Semester Gasal Tahun 2015/2016.

Li, Y., Garza, V., Keicher, A., & Popov, V. (2019). Predicting high school teacher use of technology: Pedagogical beliefs, technological beliefs and attitudes, and teacher training. Technology, Knowledge and Learning, 24, 501–518. https://doi.org/10.1007/s10758-018-9355-2

Ntuk, E. A., & Umoh, I. (2018). Integrating creativity and innovation educational technology in 21st century teacher education programme for life-long learning. Journal of Educational Realities, 6(1), 43–52. https://benchmarkjournals.com/wp- content/uploads/2019/08/Integrating-Creativity-and-Innovation-through-Educational- Technology-in-21st-Century-Teacher-Education-Programme-for-life-long-learning-1.pdf

Peacock, Martin. (2013). Innovations in Learning Technology for English Language Teaching. British Council.: London

Rosita, N., Sari, S.Y., Rahmalina, R., (2021). Penguatan TPACK Menggunakan Google Aps for Education untuk Guru SMPN 3 Padang Panjang. Abdi Humaniora. Vol. 3 No. 2 (2021)

Sari, A.R. (2013). Strategi Blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian belajar dan Kemampuan Kritical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuansi Indonesia. Vol. 11 No. 2 Thaun 2013

Sucipto, sucipto. (2017). Peningkatan Self-Regulated Learning Mahasiswa di Era Digital Melalui Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Educasi Pendidikan Matematika. Vol. 5 No. 1 Tahun 2017


Article Metrics

 Abstract Views : 69 times
 PDF Downloaded : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.