Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru-Guru Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Muara Enim
(1) Universitas Sriwijaya  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora
DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v4i1.120268
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Iskandar dan Dadang Sunendar. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Naililhaq, F.N. (2020). Kearifan lokal bertajuk religi dalam mite gunung Tidar:
Kajian antropologi sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(1), 61-70.
DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jp bsp.v20i1.25972.
Mazidl, S., Danang P. dan Farikah. (2020). Nilai-nilai kearifan lokal sebagai
pembentuk karakter masyarakat. Jurnal Pendidikan Karakter. Volume 11 no 2
(2020). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/34099
Wibowo, Agus dan Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan
lokal di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.
Widodo. (2013). Pengembangan bahan ajar. Yogjakarta: Lestari.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif.
Yogyakarta: Diva Press.
Naela Khusna Faela Shufa. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal: Sebuah
kerangka konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.1, No.1.
Tinja, dkk. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal
sebagai upaya melestarikan nilai budaya pada siswa sekolah dasar. Jurnal
Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Pascasarjana Universitas
Negeri Malang. 2 (9), 178-196.
Urrahmi. (2017). Pengembangan modul berbasis kearifan lokal daerah istimewa
yogyakarta tema pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri.
Zinnurain. & Muzanni. (2018). Pengembangan buku ajar berbasis kearifan lokal
pada siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. 4 (2). 2355-6358
Widodo, Chomsi dan Jasmadi. (2013). Panduan menyusun bahan ajar berbasis
kompetensi, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Prastowo, Andi. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar teori dan
aplikasinya di sekolah/madrasah. Jakarta: Prenademedia Group.
Article Metrics
Abstract Views : 147 timesPDF Downloaded : 46 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.