Penguatan TPACK berbasis blended learning menggunakan google apps for education untuk guru SMPN 3 Padang Panjang

Nur Rosita(1), Senorica Yulia Sari(2), Reny Rahmalina(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v3i1.119492

Full Text:    Language : en

Abstract


Data Neraca Pendidikan Daerah Kemendikbud menunjukan nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) SMPN kota Padang Panjang berada di rerata 65.29. Nilai ini tentu saja masih jauh dalam target. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan bimbingan terpadu penguatan TPACK melalui aplikasi digital Google Apps for Education (GAFE).TPACK adalah singkatan untuk technological, pedagogical, dan content knowledge. GAFE sendiri memiliki fitur pendukung pembelajaran abad 21. Fitur- fitur ini antara lain terintegrasi Gmail, Calendar, Docs, sites dan Drive, GoogleSpreed. Google form, Google meet, dan Google classroomDengan GAFE, guru juga dapat mengoptimalkan kualitas dan kuantitas pembelajaran baik dari segi materi ataupun tugas terstruktur secara digital. Selain itu, guru juga dapat mengadakan ulangan harian atau quiz secara online yang hasilnya dapat secara instant diketahui bersama. Sehingga kegiatan mengajar dapat dilakukan tanpa kertas dan dapat dilakukan dari mana saja asalkan terhubung dengan internet. Proses mengajar akan semakin efektif dan efisien dalam hal waktu dan tempat. Oleh sebab itu, bimtek penguatan TPACK menggunakan GAFE ini adalah salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan kompetensi professional dan pedagogic guru, disisi lain pelatihan ini juga memberikan kebermanfaatan digital literacy skill bagi guru dalam pembelajaran di era digital.


Keywords


TPACK, Blended Learning, Google Apps for Education

References


Bersin, J. 2004. The Blended Learning Book Best Practices, Proven Methodologies and Lesson Learned. San Fransisco: JohnWeley.

Fallon, Jessi. 2016. Google Classroom for Third Grade Writing. Theses and Dissertations. 577. http://rdw.rowan.edu/etd/577

Hartati, Yumi. 2017. Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Karakter dengan Blended Learning Berbantu Hypermedia dalam Rangka Meningkatkan Kemandirian Siswa. Prosiding Seminar Nasional PPKn III.

Graham, C.R. 2006. Blended Learning System: Definition Current trends, And Future Direction. In C.J Bonk & C.R. Graham (Eds), Handbook of blended learning: global perspective, local design (pp.3-12). San Fransisco, CA: Pfeiffer.

Juliane, Christina dan Iping Supriana. 2017. Digital Teaching Learning for Digital Native; Tantangan dan Peluang.

Kantun, Sri dan Rarars Siswandini. 2016, Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Pesera Didik Kelas XI IPS-2 SMAN 5 Jember Semester Gasal Tahun 2015/2016.

Lai, Emily R. 2011. Collaboration: A literature Review. Research Report. Pearson. http://www.pearsonassessments.com/

Li, Y., Garza, V., Keicher, A., & Popov, V. 2019. Predicting high school teacher use of technology: Pedagogical beliefs, technological beliefs and attitudes, and teacher training. Technology, Knowledge and Learning, 24, 501–518. https://doi.org/10.1007/s10758-018- 9355-2

Ntuk, E. A., & Umoh, I. 2018. Integrating creativity and innovation educational technology in 21st century teacher education programme for life-long learning. Journal of Educational Realities, 6(1), 43–52. https://benchmarkjournals.com/wp- content/uploads/2019/08/Integrating-Creativity-and-Innovation-through-Educational- Technology-in-21st-Century-Teacher-Education-Programme-for-life-long-learning-1.pdf

Oakley, G. 2020. Developing pre-service teachers’ technological, pedagogical and content knowledge through the creation of digital storybooks for use in early years classrooms. Technology,Pedagogy and Education 29(2),163–175. https://doi.org/10.1080/1475939X.2020.1729234

Peacock, Martin. 2013. Innovations in Learning Technology for English Langugae Teaching.British Council.: London

Sari, A.R. 2013. Strategi Blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian belajar dan Kemampuan Kritical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuansi Indonesia Vol. 11 No. 2 Tahun 2013

Sari, D.I. 2016. Students’ Perception in a Blended Learning Speaking Class. International Conference on Education and Language.

Sucipto, sucipto. 2017. Peningkatan Self Regulated Learning Mahasiswa di Era Digital Melalui Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Educasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 Tahun 2017


Article Metrics

 Abstract Views : 178 times
 PDF Downloaded : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.