Pemberdayaan Tunakarya Terdidik sebagai Pemuda Sadar Wisata melalui Pelatihan Pembuatan Tourism E-Vlog di Pantai Simpang Tigo Buayo Putiah

Dian Safitri(1), Dwi Mutia Sari(2), Leni Marlina(3), Devy Kurnia Alamsyah(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v4i1.118428

Full Text:    Language : en

Abstract


Tingginya angka tunakarya terdidik di Nagari Taratak berdampak pada melemahnya perekonomian masyarakat. Di sisi lain, sektor wisata Pantai Simpang Tigo Buayo Putiah yang tengah dikembangkan oleh pemerintah Nagari Taratak belum dikenal secara luas. Pelatihan Tourism E-vlog dilaksanakan guna menggencarkan promosi digital pariwisata Pantai Simpang Tigo Buayo Putiah dan menanamkan rasa tanggung jawab dalam diri para pemuda terhadap keberlangsungan pariwisata lokal tersebut. Pelatihan hybrid ini diikuti oleh 20 peserta yang merupakan warga Nagari Taratak usia 18-22 tahun dengan pendidikan terakhir SMA/sederajat dan belum bekerja. Metode sosialisasi digunakan di awal pertemuan dengan materi pariwisata ramah lingkungan, dilanjutkan dengan practice-based learning selama 5 kali pertemuan dengan materi: (1) fotografi; (2) video editing; (3) penyusunan literasi konten, dan (4) pengelolaan akun youtube, dan project-based learning pada pendampingan individu dan kelompok selama 2 kali pertemuan dengan total 32 JP. Dari pelatihan ini, terbentuk satu POKDARWIS Pesona Alam dan karya berupa vlog promosi wisata kelompok dan individu yang sudah diunggah ke akun youtube dan instagram masing-masing peserta. Selain itu, pelatihan ini juga menghasilkan persepsi positif para peserta dalam hal: (1) munculnya pemahaman pariwisata ramah lingkungan; (2) peningkatan kepedulian terhadap pariwisata lokal; dan (3) peningkatan kompetensi pembuatan vlog promosi wisata.


Keywords


tunakarya terdidik, vlog promosi wisata, pokdarwis

References


Azzahrani, M. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata Indonesia dalam Pesona Indonesia melalui Youtube. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 144. https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12925

BPS Kabupaten Pesisir Selatan. (2022). Kabupaten Pesisir Selatan dalam Angka

BPS Provinsi Sumatera Barat. (2022). Sumatera Barat Dalam Angka

Cilliers, E. J. (2017). The Challenge of Teaching Generation Z People: International Journal of Social Sciences, 3(1), 188–198. https://doi.org/10.20319/pijss.2017.31.188198

Damiasih, D., Agustina, A. R., Azahari, A., & Susanto, D. R. (2021). A Review of YouTube for Tourism Promotion in Indonesia. IJISTECH (International Journal of Information System & Technology), 4(2), 615. https://doi.org/10.30645/ijistech.v4i2.102

Dolot, A. (2018). The characteristics of Generation Z. E-Mentor, 2(74), 44–50. https://doi.org/10.15219/em74.1351

Kong, G., LaVallee, H., Rams, A., Ramamurthi, D., & Krishnan-Sarin, S. (2019). Promotion of Vape Tricks on YouTube: Content Analysis. Journal of Medical Internet Research, 21(6), e12709. https://doi.org/10.2196/12709

Lyon, S. (2004). An exploration of generational values in life and at work [Ph.D Thesis].

Media, H. (2020, February 23). Nasrul Abit, Spesialis 3T Menuju Sumbar Satu. Haluan.co. https://haluan.co

News, T. (2017, December 23). Pengangguran Pessel Tertinggi ke Enam di Sumbar. TAGAR. https://www.tagar.id/pengangguran-pessel-tertinggi-ke-enam-di-sumbar

Nugraha, Y. E. (2021). Sosialisasi Sadar Wisata Sebagai Upaya Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat di Desa Fatukoto. Jurnal Abdimas Pariwisata, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.36276/jap.v2i1.24

Ongko, & Endangsih, T. (2019). Pengembangan Kawasan Wisata Situ Tandon Ciater dengan Konsep Ramah Lingkungan di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Maestro, 2(1)

Prayuda, M. G., & Dewi, M. H. U. (2016). Pengaruh Inflasi dan Investasi terhadap Pengangguran di Provinsi Bali Tahun 1994-2013. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(1), 69–95

Putra, Y. S. (2017). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(2). https://doi.org/10.52353/ama.v9i2.142

Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. E-Journal UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

Schwemmer, C., & Ziewiecki, S. (2018). Social Media Sellout: The Increasing Role of Product Promotion on YouTube. Social Media + Society, 4(3). https://doi.org/10.1177/2056305118786720

Singh, A. P., & Dangmei, J. (2016). Understanding the generation Z: the future workforce. South -Asian Journal of Multidisciplinary Studies (SAJMS), 3(3)


Article Metrics

 Abstract Views : 236 times
 PDF Downloaded : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.