Pelatihan Media Online Kahoot untuk Para Guru SMAN 3 Padang

M. Affandi Arianto(1), Senorica Yulia Sari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v3i2.117852

Full Text:    Language : en

Abstract


Di zaman era teknologi yang sudah semakin canggih, siswa sudah mampu mengakses materi ajar ataupun bahan yang ingin mereka pahami dan butuhkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Terkait dengan guru yang sadar akan pentingnya kebutuhan siswa terlebih pada perkembangan kognitif, psikomor, dan afektif, dan kesadaran akan faktor pendukung seperti fasilitas dan suasana lingkungan belajar yang nyaman, Salah satu game online yang dirasa cocok untuk meningkatkan motivasi siswa dalam kelas adalah game online kahoot. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penggunaan media pembelajaran edukasi online Kahoot yang digunakan oleh guru SMA N 3 Padang. Dengan kata lain, akan dijelaskan bagaimana guru bahasa Inggris SMAN 3 Padang menggunakan media Kahoot dan bagaimana persepsi mereka terhadap penggunaan media online Kahoot tersebut dalam menunjang pengajaran.


Keywords


Pelatihan Media Online Kahoot, Guru

References


Anam, A, N. 2014. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Informasi Dengan Tehnik Game, Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling, 2 (1): 83-91.

Rofiyarti, F & Sari, A, Y. 2017. TIK Untuk AUD: Penggunaan Platform “Kahoot!” dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Dan Kolaboratif Anak. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (3b): 164-172

Saad, M, L, I, Nokman, A, Z, Yusoff, M, S, A, Mahpol, S, & Ahamad, M. 2017. Penggunaan Aplikasi Kahoot! Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Satu Tinjauan. Sembara,

Sriawan, Suharjana, & Alim. 2015. Lomba Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Budaya untuk Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal PROMOSI, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 (1): 73-82.


Article Metrics

 Abstract Views : 168 times
 PDF Downloaded : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.