PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA PENGASUHAN

Zul Fadli - Universitas Negeri Padang
Duryati Duryati - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aimed to see how the differences in learning motivation of junior high stundets based on the parenting style. The method used in this research was quantitative method. The population that was part of this study were the students of SMP N 1 and SMP N 3 Bukittinggi, with 113 students as a total sample. The sampling technique used in this study was simple random sampling. The data were analyzed using ANOVA. In this study, the results were obtained that there were no differences in learning motivation based on parenting style at SMP N 1 and SMP N 3 students’ with a value of p = 0.435 (p> 0.05).

Studi ini bertujuan untuk melihat bagaimana perbedaan motivasi belajar pada siswa SMP ditinjau dari gaya pengasuhannya. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang menjadi bagian dari penelitian ini adalah siswa SMP N 1 dan 3 Bukittinggi, dengan jumlah sampel sebanyak 113 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Data dianalisis menggunakan ANOVA. Dalam penelitian ini, diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar ditinjau dari gaya pengasuhan pada siswa SMP N 1 dan 3 dengan nilai p=0,435 (p>0,05).


Keywords


Learning motivation; parenting style; students

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2020i2.8699