Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis GeoGebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD

Della Aprilia - Universitas Negeri Padang
Melva Zainil - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to produce GeoGebra space learning media for elementary school students. This type of research is a research development with the ADDIE model, namely Analysis (analysis), Design (design), Development (Development), Implementation (implementation), and Evaluation (evaluation). The results of this study are: 1) The author has produced  GeoGebra learning media for Geometric fifth grade SD which is valid with a validity of 90% 2) The author has produced  GeoGebra learning media for Geometric fifth grade SD wich is practice with 89.29% practicality from the teacher's response and 91.36% of the students' responses, 3) The author has produced  GeoGebra learning media for Geometric fifth grade SD wich is effective with an increase percentage of 85,15% and completeness of 88,89%.

 


Keywords


Media Pembelajaran, GeoGebra, Penelitian Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Amin, A. K., & Mayasari, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Pendidikan Matematika Ikip Pgri Bojonegoro. Journal Magistra, 27(94), 12–23.

Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 25–36. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2520

Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program GeoGebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika, 1(2).

Madin, A., & Zainil, M. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 0(0), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Mahmudi, A. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.1038/oncsis.2016.1

Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8, 157–172.

Meirisa, A., Rifandi, R., & Masniladevi. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Gantang, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.508

Nasaruddin. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Nurzaili. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Latihan Siap Siswa Kelas 1 C SD Negeri 164 Pekan Baru. 3, 143–149.

Putri, A. D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Jam Sudut Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Sunur Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 1–19.

Sari, F. K., Farida, & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan Fiska. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152.

Setiawan, V., & Istiqomah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mateatika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester 1 di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. 4(1).

Susyanto, A. D. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen pada Siswa Kelas V SDN 1 Jembangan Poncowarno Kebumen.

Yupita, I. A., & Tjipto, W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. JPGSD Volu.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10390