Penerapan model pembelajaran PBL terintegrasi STEM untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas XII IPA 5 SMAN 7 Padang

Sri Ningsih - SMAN 7 Padang

Abstract


The purpose of this study was to increase the activities and learning outcomes of physics in class XII IPA 5 SMAN 7 Padang, using an integrated Problem Based Learning (PBL) learning model of ScienceĀ  Technology Engineering and Mathematics (STEM). The method used is classroom action research, which consists of two cycles. The data collection instrument used observation sheets and test learning outcomes. Observation data were processed using percentage techniques and graphical analysis, while student learning outcomes were processed using descriptive statistics. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the use of STEM integrated PBL learning models can increase the activity and learning outcomes of students.

Full Text:

Download PDF

References


. Jelita. A R, Festiyed, Dwiridal L, 2015 . Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Penilaian Autentik Pada Materi Getaran, Gelombang, Bunyi, Dan Cahaya Terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Kubung. Pillar of Physics Education, Vol. 6. Oktober 2015, 01-08.

. Devi, Diyas Sari. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA KelasVIII SMP Negeri 5 Sleman. Laporan Penelitian. UNY

. Tomas ., Tego Prasetyo. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 SD. J. Pendidik. Pengajaran Guru Sekolah Dasar. (Jppguseda ), Volume 03, Nomor 01, Maret 2020, Hal. 13 -18

. Noviar. D, Hastuti D R. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014 / 2015. Jurnal BIOEDUKASI Volume 8, Nomor 2 Halaman 42-47

. Muyassarah. A, Ratu. T, E M. 2019. Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Motorik Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). E-ISSN: 2548-8325 / P-ISSN 2548-8317. 1-6

. Kristiani. D K, Mayasari. T, Kurniadi. E. 2017. Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA III 2017. "Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa". Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS PGRI Madiun, 15 Juli 2017

Nurhadi, Burhan Y., Agus G. S. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Muslimin ibrahim. 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Amir, M. Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

. A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

. Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Pers

. W. Gulo. 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:PT Grasindo.

. Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/9893171074