Uji validitas dan praktikalitas modul fisika mengintegrasikan pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan materi gelombang mekanik untuk siswa kelas XI SMA
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Aprianti, R., Desnita, D., Esmar, B. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Dengan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA.Prosiding Seminar Nasional Fisika. Vol IV.
Asrizal, A., Festiyed, F., dan Ramadhan, S. 2017 Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa SMPKelas VIII. Jurnal Eksata Pendidikan. Vol 1 (1).
Zubaidah, Siti. Keterampilan Abad Ke-21 :Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Malang : FMIPA UNM.
Asrizal, A., Hendri, A., Hidayati, H., Fetiyed, F. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Meningtegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA kelas XI. Prosiding Seminar Nasional : Universitas Negeri Padang.
Asrizal., A., Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., Sumarmin, R. (2018). The Development Of Integrated Science Instructional Materials To Improve Students Digital Literacy In Scientific Approach. Jurnal Pendidikan Indonesia, Doi: 10. 15294/ JPII. V7i4. 13613.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Afabeta.
Sungkono, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Depdiknas.
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., dan Festiyed. 2018. Development Of Adaptive Contextual Teaching Model Of Integrated Science To Improve Digital Age Literacy On Grade VIIIStudents. IOP Conf. Series: Journal Of Physics: Conf. Series 1116.
Khairani, S., Asrizal, A., Harman, A. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas VII SMP. Journal Phillar Of Physics Education. Vol 10.
Crawford. 2001. Teaching Contextually Reserch, Rationale and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Waco, texas : CORD Communications, Inc.
McBeth, William dan Volk, Trudi. 2010. The National Envioremental Literacy project : A baseline Study of Middle Grade Students inthe United States. Journal of envioremental Education. 41(1).
Kusumaningrum, D. 2018. Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal Of Natural Science Education. Vol 1 (2).
Novela, R., Sari, S.Y., Darvina, Y. 2019. Analisis Validasi LKS Berorientasi Hots Dalam Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Gerak Lurus, Gerak Parabola, dan Gerak Melingkar. Phillar Of Physics Education. Vol 12. No 4.
Zulherman, Z., Desnita, D., Erfan, H. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Fisika SMA Kelas XI Semester II Pada Materi Fluida Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Vol IV.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Afrizon, R., Dewi, W.S. 2019. Kepraktisan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Bermuatan Model Cooperative Problem Solving. Jurnal Eksata Pendidikan. Vol 3. No 1.
Darvina, Y. 2019. Analisis Uji Validitas dan Prakikalitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Virtual Laboratory untuk Mata Pelajaran Fisika SMA. Talenta Conferrence Series: Science and Technology (ST), Vol 2 (2).
Fauzan, A., Plomp, T., Gravemeijer, K. (2013). The Development of an RME-based Geometry Course for Indonesian Primary Schools. In T. Plomp and N. Niveen (Eds), Educational Design Research-Part B: Illus-trative Cases, 159-178. Ensch12ade, The Netherlands: SLO.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/8517171074