Komparasi hasil belajar menggunakan video berbasis CTL dan PPT di SMA Adabiah pada materi hukum newton tentang gerak dan gravitasi

Annisa Fitri -
Murtiani Murtiani - Universitas Negeri Padang
Desnita Desnita - Universitas Negeri Padang
Asrizal Asrizal - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to find student learning outcomes using CTL and PPT-based videos for 10th grade students at Adabiah Padang High School on Newton's law material about motion and interaction. This type of research is an experiment with a randomized control group design only. This study involved two experimental classes, the first class using CTL-based videos and the second class using PPT. This study discusses aspects of attitude, knowledge and skills. Assessment is based on the instrument. Based on the results of data analysis that can prove student learning outcomes on aspects of attitudes, knowledge and skills of CTL-based videos are higher than the PPT class, the average results of CTL-based video student grade grades are higher than the PPT class, and related to student learning outcomes with applying CTL-based videos and applying PPT to Newton's law material about motion and applying at Adabiah High School Padang with a 95% confidence level


Full Text:

Download PDF

References


Permendikbud No 37 Tahun 2018. Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

Sanjaya, wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

PP RI Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan

Umar, 2013. MEDIA PENDIDIKAN:Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah Volume 10 Nomor 2

Hujair AH. Sanaky, 2009. Media pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.

Istiningsih. (2012). Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Skripta Media Creative

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Sharon, dkk. 2011. Insructional Technology &Media For Learning. Banda Aceh : Unsyiah Kencana

Eldarni, dkk. 2014. Media Video. Padang : UNP Press

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Permendikbud No 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah

Arikunto, S., 2005. Manajemen Peneltian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, 2005. Metoda Statistika. In: Bandung: PT Tarsito Bandung.

Hudson, C. C. 2012. Contextual Teaching And Learning For Practitioner. Systemics Cybernetics And Informatics. Vol 6, No. 4

Sari, D, P., Asrizal., Dwiridal, L. 2017 Pengembangan LKS IPA Terpadu Kontekstual Bermuatan Literasi Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas VIII. Pillar of Physics Education, Vol. 10.

Khairani, S., Asrizal., Amir, H. 2017 Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education. Vol. 1.

Asrizal., Hendri, A., Hidayati., Festiyed. 2018 Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasi Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional UNP.

Aprianti, R,. Desnita., Budi, E. 2015 Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dilengkapi Dengan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika. VOLUME IV.

Murtiani., Fauzan, A., Wulan, R. 2012.

Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di SMP Negeri Kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/8507171074