Analisis keterampilan proses sains pada buku ajar fisika sma kelas XI semester 1

Putri Ramadhani - Universitas Negeri Padang
Akmam Akmam - Universitas Negeri Padang
Desnita Desnita - Universitas Negeri Padang
Yenni Darvina - Universitas Negeri Padang

Abstract


Science Process Skills (KPS) are skills that facilitate learners discover facts, determine concepts and apply theories in everyday life. Textbooks are one of the learning resources that can be used. Textbooks used in high schools in West Sumatra are very diverse, and the level of KPS presentation is unknown. This study aims to determine the level of KPS presentation in Physics textbooks used by high schools in West Sumatra. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The study population is all Physics textbooks for Class XI Semester 1 published in Indonesia and used in West Sumatra. The research sample is the four most used books in West Sumatra High School, three of which are recommended by the government. The research instrument used was very valid. Data collection technique used is the study of documents. Data analysis technique used content study. The results were obtained that the book used as a reference for learning Physics in Class XI High School Semester 1 has facilitated observational skills indicators, but has not yet facilitated the skill indicators of asking questions.

Full Text:

Download PDF

References


Munandar, A. 2018. Pengantar Kurikulum. Yogyakarta : Budi Utama

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Akmam, Harman, A., Asrizal, Dea, S., Widya, F., 2014, “The Effectiveness Using Of Contextual Teaching Material Integrating Matematics, Natural Science, Disasters And Character Base On ICT In Physics Learning High Scool Grade XI”. Proceeding Of International Conference On Research Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, Yogyakarta State University 18-20 May 2014. 1-11, Doi: 10.31227/osf.io/ebdv5

Sani, R.A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Özgelen, S. 2012. Student’s Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework. Eurasia Journal Of Mathematics, sience & technology education, 8(4), 283-292

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2012 Tianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustaman, N. 2014. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nilawati, W., Desnita, Akbar N. 2017. Perangkat perkuliahan terpadu berbasis KPS untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa pendidikan fisika mengembangkan lembar kerja siswa. Jurnal Penelitian & pengembangan Pendidikan Fisika. 3(1), 103-109. DOI: doi.org/10.21009/1.03114

Tarigan, D. 2009. Telaah Buku ajar Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang Digunakan Dengan Oleh Satuan Pendidikan.

Dhamayanti,L.F., Putra,N.M.D., dan Handayani, L. 2019, Analisis Struktur-Penyajian dan Konten Nature of Science (NoS) pada Buku ajar Fisika SMA Pokok Bahasan Getaran Harmonis, Unnes Physics Education Jurnal, 8(1), 16-21

Nurdini., Sari, I. M., dan Suryana, I. 2018. Analisis Buku Ajar Fisika Sma Kelas XI Semester 1 Di Kota Bandung Berdasarkan Keseimbangan Aspek Literasi Sains, Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 96-103, doi: 10.17509/wapfi.v3i1.10948.

Hilpan, M. 2014. “Analisis Ketersediaan Keterampilan Proses Sains (Kps) Dalam Buku Sekolah Elektronik (Bse) Fisika Kelas XI Pada Konsep Fluida”, Skripsi 64 Hal., UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia, Mei 2014

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan : Referensi (GP Press Grup).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Prastowo. 2016. Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Moleong, L. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya..

Riduwan dan Sunarto. 2012. Pengantar Statistika untuk penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Dewi, S. 2008. Keterampilan Proses Sains. Bandung: Tinta Emas.

Rusmiyati, A., Yulianto, A. 2009, Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menerapkan Problem Based-Instruction, Jurnal Pendidikan. Fisika. Indones, vol. 5, 75–78

Purwati, R., Prayitno B. A., Sari, D. P. 2016, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Eksresi Kulit Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Untuk Siswa Kelas XI SMA”, Proceeding Biology Education C onference, 325–329.

Atmojo, S. 2012. Profil Keterampilan Proses Sains Dan Apresiasi Siswa Terhadap Prodesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etmosains, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia., 1(2), 115–112.

Murni, R.L.F., Harlita, Widoretno, S. 2017, “Penerapan Guide Inquiry Learning Untuk meningkatkan keterampilan interpretasi data sisiwa kelas XI IPA 4 Tahun pelajaran 2016/2017 pada materi sistem eksresi manusia”, Proceeding Biology Education Conference, 14(1).

Yuanita. 2018. Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Praktikum IPA Materi Bagian-Bagian Bunga Dan Biji Pada Mahasisiwa PGSD STKIP Muhammadiah Bangka Beliting. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD. 6(1), 27-35. Doi: 10.22219/jp2sd.v61.5900.

Widoretno, S., dan Susilo, H. 2012, “Perbedaan Keterampilan Mengobservasi dan Menyusun Hipotesis Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Surakarta Sebagai Efek Penggunaan Strategi Pembeljaran Guide-Inquiry Pada Materi Fotosintesis”. Prosiding Seminar Nasional IX Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembeljarannya dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Bangsa, Universitas Sebelas Maret, 286-298.

Prasojo. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbabis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan KPS Dan Berpikir Kritis,” J. Pendidikan. Matematika. dan Sains, 4(2), 130–141.

Susiwi, Hinduan, A.A., Liliasari, dan Ahmad, S. 2009. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada “Model Pembelajaran Praktikum D-E-H”. Jurnal Pengajaran MIPA, 14(2), 87-104, Doi: 10.18269/jpmipav14i2. 320

S. Deta, U.A., Suparmi, Widha. 2013, Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9, 28–34.

Widyanto. 2009, Pengembangan Keterampil an Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui KIT Optik,” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5, 1–7.

Tursinawati, 2016, “Penguasaan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh,” Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 72–84.

Yusefni, W., Sriyati, S. 2016, Pembelajaran IPA Terpadu Menggunakan pendekatan science ariting heuristic untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tulisan siswa SMP. Edusains, 8(1), 9-17, Doi: 10.15408/ es.v8i1.1562.

Marnita. 2013, Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembeljaran Konstekstual Pada Mahasiswa Semester 1 Materi Dinamika, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9, 43–52.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/7130171074