Analisis Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Konten Kecerdasan Sosial pada Materi Gerak Parabola, Gerak Melingkar dan Hukum Newton untuk Kelas X SMA
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta : Gava Media.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah..
Dhani, Ramah., Asrizal, & Gusnedi. 2016. Pembuatan Bahan Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif untuk Materi Pengukuran, Penjumlahan Vektor dan Gerak Lurus untuk Kelas X SMA Semester I. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION. Vol. 7. April 2016. Hlm. 17-24.
Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21 : Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence atas IQ. Bandung : Alfabeta.
Goleman, Daniel. 2016. Sosial intelligence. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Grafindo Persada.
Kurniasih, Imas., dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Mahardika, Nadya. 2015. “Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 4 Padang”. Skripsi. UNP.
Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Masaong, Abdurrahman Kadim. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang). Bandung : Alfabeta.
Nofira, Heni., Hamdi, & Zulhendri Kamus. 2015. “Kecerdasan Komprehensif dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA.” PILLAR OF PHYSICS EDUCATION. Vol. 5. April 2015. Hlm. 177-184.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.
Soejanto, Laily Tiarani dan F.I. Soekarman. 2015. “Tingkat Kecerdasan Sosial Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang.” Jurnal Konseling Indonesia. Vol. 1 No. 1, hal 18-28.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Syam, Junaidy. 2017. “Pengaruh Buku Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X SMA N 9 Padang”. Skripsi. UNP.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/3095171074