Pengaruh Health Consciousness, Environmental Attitudes dan Environmental Knowledge terhadap Green Purchase Intention

Rahma Yona - Universitas Negeri Padang
Thamrin Thamrin - Universitas Negeri Padang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang pengaruh kesadaran kesehatan (environmental awareness), sikap lingkungan (environmental attitudes) dan pengetahuan lingkungan (environmental knowledge) terhadap Green Purchase Intentions (niat membeli produk hijau) pada cat Dulux Weathershield di Kota Padang. Sampel penelitian ini diperoleh berdasarkan rumusan Cochran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian dengan bantuan program SPSS (Statistik Produk dan Solusi Layanan) versi 20. Hasil penelitian ini berdasarkan uji analisis linier berganda menunjukkan bahwa dari variable kesadaran kesehatan, sikap lingkungan dan pengetahuan lingkungan, hanya variable sikap lingkungan yang secara positif dan signifikan mempengaruhi niat pembelian hijau pada Dulux Weathershield di Kota Padang.

 

Keywords:     Health Consciousness, Environmental Attitudes, Environmental Knowledge, Green Purchase Intention


Keywords


Health Consciousness; Environmental Attitudes; Environmental Knowledge; Green Purchase Intention

Full Text:

PDF PDF

References


Adil, Afandie. 2015. Pengaruh pengetahuan tentang lingkungan, sikap pada lingkungan, dan norma subjektif terhadap niat pembelian green product. Jurnal ekonomi dan kewirausahaan.

Afroz, Rafia., Muhammad Mahedi Masud., Rulia Akhtar., Md. Ashraful Islam, & Jarita Bt Duasa. 2015. Consumer purchase intention towards environmentally friendly vehicles: an empirical investigation in Kuala Lumpur, Malaysia

Ahmad, Annes., dan K. S. Thyagaraj. 2015. Consumer’s Intention to purchase green brands: The roles of environmental concern, environmental knowledge and self expressive benefits.

Ahmad, Siti Nor Bayaah, dan Nurita Juhdi. 2010. organic food: a study on demographic characteristics and factors influencing purchase intentions among consumers in Klang Valley, Malaysia. International journal of business and management.

Assauri, Sofyan, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan Kedelapan, Penerbit: Raja Grafindo, Jakarta.

Azizan, Syaidatina Akila Mohamad, dan Norazah Mohd Suki. 2013. Consumer’s intention to purchase green product: insights from Malaysia. Jurnal of World Applied Sciences.

Barber, Nelson., David C. Taylor, dan Sandy Strick. 2009. Environmental knowledge and attitudes: influencing the purchase decisions of wine consumers.

Chan, Ricky Y. K. 2001. Determinants of Chinese consumer’s green purchase behavior.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goh, Yoh-Nee, dan Nabsiah Abdul Wahid. 2014. a review on green purchase behaviour trend of malaysian consumers.

Hair, J, F., Black, W.C., Babin, B. J., & Anderson, R.E (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition). New Jersey: person prentice Hall

Hawkins, Del, I. and David L. Mothersbaugh. 2013. Consumer Behavior. New york: McGraw-hill

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kim, Hee Yeon, dan Jae-Eun Chung. 2011. Consumer purchase intention for organic personal care products. Journal of Consumer Marketing.

Kongkajaroen, Pukkapop., Supeecha Panichpathom, dann Atcharawan Nagrmyarn. 2014. The attitude of intention to purchase green condominium by generation y consumers.

Kotler, Philip and Kevin Lane keller .2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prentice Hall Inc.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012.Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Erlangga,Jakarta, 2012

Nilasari, Ni Putu Heppy., dan Ni Made Wulandari Kusumadewi. 2016. Peran sikap dalam memediasi pengaruh kepedulian lingkungan terhadap niat beli kosmetik hijau merek the body shop.

Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill

Profil ICI Paints. 2015. Diakses Online 31 Oktober 2019. www.ICIPaints.com

Rizwan, Muhammad., Mudasser Qayyum, Waqas Qadeer, dan M. Javed. 2014. The impact of branded product on consumer purchase intention. Journal of public administration and governance.

Republica. Peduli Lingkungan. www.Republica/produkcat_Peduli_Lingkungan.

Sandu, Mihaela, Raluca. 2015. Psychographic Factors Influencing Green Purchase Intention.

Schiffman, Leon, G. and Leslie Lazar Kanuk. Consumer Behavior. New Jersey: Pearson.

Sekaran, Uma.2011. Research Method for Business, edisi 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat.

Solomon, Michael R. 2013. Consumer Behavior. Inggris: Pearson

Sugiyono.2011. Metode penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung 2008.

Suryani, Tati, 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutarno. 2012. Serba-Serbi Manajemen Bisnis Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw0284950