Profil Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur dan Determinannya

Indah Sari - UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Erni Masdupi - UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Abstract


Abstract

Perusahaan manufaktur merupakan sektor terbesar yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Banyak perusahaan yang sudah berkembang dan memiliki keuntungan yang besar. Sehingga menarik pemegang saham untuk melakukan investasi dengan harapan mendapatkan keuntungan berupa dividen. Agar dapat berinvestasi di perusahaan manufaktur yang tepat, pemegang saham perlu untuk mengetahui profil kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur dan faktor penentunya seperti profitabilitas, leverage, likuiditas, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dalam periode 2013-2017 dan sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 220 perusahaan-tahun pengamatan. Data penelitian merupakan data sekunder yang diambil dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan variabel profitabilitas (ROA), leverage (DER), likuiditas (CR), pertumbuhan perusahaan (Growth), dan ukuran perusahaan (Size) sebagai variabel independen serta kebijakan dividen (DPR) sebagai variabel dependen. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa sebaran data pada variabel kebijakan dividen, profitabilitas, leverage, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan terbilang cukup baik. Ini terlihat dari nilai standar deviasi yang lebih kecil dari nilai rata-rata (mean). Sedangkan pada variabel ukuran perusahaan nilai satndar deviasi lebih besar daripada nilai rata-rata (mean). Sehingga sebaran data menjadi kurang baik. Ini menunjukkan terdapat perbedaan yang jauh antara nilai terendah dengan nilai tertinggi dari variabel ukuran perusahaan. Berdasarkan hasil statistik deskriptif tersebut perusahaan manufaktur cenderung membagikan dividen dalam jumlah yang cukup besar.

 

Keywords:           kebijakan dividen, profitabilitas, leverage, likuiditas, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan

Full Text:

PDF

References


Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Jaara, et al. (2018). The Determinant of Dividend Policy for Non Financial Companies in Jordan. International Journal of Economics and Financial Issues, 2018, 8(2), 198-209.

Labhane, Nishant B. dan Mahakud. 2016. Determinant of Dividend Policy of Indian Companies: A Panel Data Analysis. at University of Wollongong on par.sagepub.com.

Lopolusi, Ita. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Sektor Manufaktir yang Terdaftar di PT. Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No. 1.

Nafi’ah, Zumrotun. (2011). Strategi dan Stabilitas Pembayaran Dividen. Jurnal STIE, Vol. 3, No. 2.

Rizaldi, Amala Mohammad Nanda. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI. Fakultas Ekonomi Universitas Dian Nuswanto Semarang.

Samrotun, Yuli Chomsatu. (2015). Kebijakan Dividen Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Paradigma Vol. 13, No. 01.

Suharli, Michell. (2006). Studi Empiris Mengenai Pengaruh Profitabilitas Leverage, dan Harga Saham Terhadap Jumlah Dividen Tunai. Jurnal Maksi.

Widhicahyono, Sigit dan Sugdiyatno. (2015). Determinan Kebijakan Dividend Perusahaan Non Keuangan (Studi Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Hal. 171 – 187 Vol. 22, No. 2 171 ISSN: 1412-3126.

Yusof, Yusniliyana and Suhaiza. (2016). Determinants of dividend policyof public listed companies in Malaysia. Review of International Business and Strategy Vol. 26 No. 1, pp.88-99




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw0263960