Pengaruh Kecukupan Modal, Efisiensi dan Likuiditas Terhadap Tingkat ProfitabilitasBank Umum Konvensional Tahun 2012 – 2017

Fitra Jufriadi - UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Rosyeni Rasyid - UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecukupan modal, efsiensi, dan likuiditas terhadap tingkat profitablitas Bank umum konvensional. Penelitian initergolong penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhperusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun2012-2017. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan purposive samplingberdasarkan kriteriaperusahaan perbankan yang terdaftar di BEI,perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan secara lengkap selama tahunpengamatan.Sampelpadapenelitianiniyaitusebanyak30 perusahaan perbankan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari website www.idx.co.id.Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda denganmenggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan (1)kecukupan modal yang diukur dengan capital adequacy ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia (2) net interest margin berpengaruh positif dan signfikan terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia(3) BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia(4)loan to deposit ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia.

 

Keywords:           Kecukupan modal (CAR), efisiensi (NM, BOPO), likuiditas ( LDR), profitabilitas (ROA)

Full Text:

PDF

References


Arthesa Ade, Handiman Edia. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Darmawi Herman. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya . EdisiIV. Jakarta: Erlangga.

Dhendawidjaya Lukman. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Cetakan 11. Jakarta: Erlangga.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

---------. 2005. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

---------. 2012. Dasar – Dasar Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.

Riyadi, Selamat. 2006. Banking Assets and Liability Manajement. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi Dalam: perencanaan, pengawasan, dan pengambilan keputusan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arifin Mohammad. (2018). Pengaruh Capital Adequacy Ratio. Rasio Modal Operasional dan Loan Performance Lon Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Volume 8 Nomor 2.

Muljawan, Dendang, Dkk. (2014). Faktor-Faktor Penentu Efisiensi Perbankan Indonesia Serta Dampaknya Terhadap Perhitungan Suku Bunga Kredit.

Maharani Dewi Putri. (2014). Analisi Pengaruh Kinerja Fundamental Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. E-Journal Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Rahmad Ramadhana. (2016). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Perbankan Volume 4 Nomor 2.

Sartika Putri. (2017). Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Volume 5 Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw0263920