Meningkatkan Motivasi Belajar Pembelajaran Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 04 Pasar Pandan Air (PPA) Mati Solok Melalui Metode Inquiry

Mimi Suryani

Abstract


Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pembelajaran untuk peserta didik kelas V SD Negeri 04 Pasa Pandan Air (PPA) Mati. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskrisikan motivasi belajar siswa; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru; dan (3) Mengetahui hasil belajar siswa yang mengacu pada metode inquiry pada kelas V SD Negeri 04 Pasar Pandan Air Mati Solok semester ganjil tahun pelajaran 2013/0214 untuk materi cara tumbuhan hijau membuat makanan dan proses fotosintesis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari du pertemuan (dua kali tatap muka), demikian pula halnya dengan siklus II. Data motivasi belajar siswa digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan Data Hasil Belajar Siswa Digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebelum tindakan hasil belajar siswa 40,91%;  Siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,73%; (2) Siklus II hasil belajar siswa mencapai 86,36%; dan (3) Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pasar Pandan Air Mati Solok tahun pelajaran 2013/2014 mengalami peningkatan dibanding tahun pelajaran 2012/2013 setelah menggunakan metode inquiry

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.