Pembelajaraan Menulis Laporan Percobaan Dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar

Rizky Amelia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran menulis laporan percobaan dengan pendekatan saintifik di kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh berdasarkan hasil pengamatan dengan menggunakan lembar pengamatan. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis data kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis laporan percobaan mampu: memotivasi siswa untuk belajar menulis secara nyata karena mengumpulkan sendiri data dari objek atau fenomena percobaan yang akan ditulis laporannya; siswa merasa tertantang mengeksplorasi rasa keingintahuannya tentang fenomena alam; menyenangkan siswa karena mereka merasa bangga dapat berperan serta dalam aktivitas menulis; dan membangkitkan minat menulis siswa karena dapat mempublikasikan hasil percobaannya dalam bentuk tulisan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.