Digitalisasi Sistem Informasi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Data

Euis Kurniati(1), Maya Lestari(2), Lia Aprilianti(3), Anita Febiyanti(4),
(1) Department of Early Childhood Education, Pendidikan Indonesia  Indonesia
(2) Department of Early Childhood Education, Pendidikan Indonesia  Indonesia
(3) Department of Early Childhood Education, Pendidikan Indonesia  Indonesia
(4) Department of Early Childhood Education, Pendidikan Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/115111

Full Text:    Language : en

Abstract


Saat ini, sistem informasi digital merupakan sebuah upaya penting dalam memberikan layanan akses informasi dan dokumen yang diberikan kepada pengguna, dimana layanan tersebut dapat digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa batas waktu. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menyimpan berbagai informasi dan dokumen secara digital. Dengan menggunakan metode penelitian Educational Design Research (EDR) dimana teknik pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuesioner dan studi literatur. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa, dosen, alumni, dan masyarakat umum yang berada di lingkungan SPs PAUD UPI. Data yang diperoleh dianalisis secara tematik dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui pertanyaan penelitian berkaitan dengan digitalisasi sistem informasi dan penyimpanan dokumen di program studi PAUD SPs UPI. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, sistem informasi program studi yang disusun secara digital berbasis website memudahkan para pengguna dalam mengakses informasi dan dokumen yang diperlukan secara cepat, efisien, dan efektif melalui menu dan fitur yang tersedia. Hal ini kan terus ditingkatkan agar layanan sistem informasi digital lebih baik dan optimal di masa kini dan masa yang akan datang.


Article Metrics

 Abstract Views : 946 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.