The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Usaha mikro kecil dan menengah memiliki peran strategis dalam pemberian pendapatan nasional dan pengurangan angka pengangguran serta kemiskinan sesuai dengan UU nomor 20 tahun 2008. Seiring dengan itu pemerintah daerah Sumatera Barat mendorong industri batukapur tumbuh dan berkembang di Sumatera Barat, salah satumya adalah UKM batukapur Bukit Tui yang berlokasi di Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat yang menjadi mitra dalam PPPUD ini. Sebagai unggulan daerah UKM batukapur harus didorang untuk dapat berkembang dan maju. Permasalahan mitra adalah 1, aspek teknis yaitu bagaimana meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi, solusinya adalah a. Teknis pemilihan bahan baku, b. Tenaga mendisain produk yang multi varian,  c. Penataan stok bahan baku dan managemen stockpile, d. Penataan tungku pembakaran. e. Penyediaan alat cetak produksi, f. Penyediaan rak produksi, g. Penyediaan kereta angkut dorong, h. Penataan tungku pembakaran. 2. Aspek produksi, solusinya adalah a. Managemen menjaga kualitas dan kuantitas kapur, b. Teknik pemisahan dan pengawasan, c, 3. bidang Manajemen (Keuangan - Permodalan) yaitu Bagaimana mendukung pelaksanaan dan kelancaran usaha kapur Bukit Tui dari sisi penyiapan permodalan dan pengelolaan keuangan usaha, solusinya adalah a. Manajemen keuangan (aliran kas), b. Perencanaan usaha yang baik, c. Simpan pinjam modal usaha, d. efisiensi dan efektifitas usaha. 4. Bidang pemasaran yaitu Bagaimana meningkatkan volume penjualan, solusi adalah a. Pelatihan managemen pemasaran, b. Lokasi ekspo atau geray yang dekat dengan jalan lintas, c. Managemen promosi d. Link ke pasar yang lebih luas.

 

Kata kunci : Batukapur, UKM, Bukit Tui, Padang Panjang