Abstract


Berdasarkan observasi peneliti, sebagian besar mahasiswa semester empat. Jurusan basasa Inggeris di STAI-MU Tanjungpinang rendah dalam pemahaman dan susah dalam menganalisa lima unsur narasi; alur, waktu/tempat, karakter, sudut pandang penulis, ide cerita.Tujuan penelitian adalah untuk menemukan sejauhmana CIRC meningkatkan pemahaman  mahasiswa pada cerita pendek dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian mempergunakan CIRC untuk menyelesaikan masalah.

Penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dengan 22 orang peserta. Peneliti dibantu oleh seorang kolaborator dalam melakukan prosedur penelitian. Test, tugas, pengamatan, catatan lapangan dan wawancara merupakan alat penelitian. Data dianalisa dengan dua teknik: data kuntitatif dianalisa degan mengunakan nilai rata-rata. Untuk melihat nilai rata-rata siswa yang didapat dari ujian pemahaman membaca, sementara data kualitatif  didapat dari pengamatan, catatan lapangan, dan wawancara.

Temuan penelitian adalah terdapat peningkatan pemahaman cerita pendek melalui CIRC yang dapat dilihat dengan membandingkan nilai siswa siklus I (51,68%), dan II (78,1%). Peningkatan dipengaruhi oleh beberapa faktor: materi, alat peraga, aktifitas kelas, pendekatan guru, dan strategi. Dapat disimpulkan bahwa, Penerapan CIRC dapat meningkatkan pemahaman cerita pendek lebih baik pada semester empat jurusan bahasa Inggeris STAI-MU Tanjungpinang