The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan keterampilan pada anak tunarungu dengan diberikannya perlakuannya model pembelajaran discovery learning yang didasari dari permasalahan anak tunarungu kelas VII yang belum mampu membuat keterampilan hiasan cangkang kerang. Dimana keterampilan berguna bagi anak tunarungu ketika selesai menempuh pendidikan. Penelitian tindakan kelas menjadi metode yang tepat pada penelitian ini. Data yang dibutuhkan dalam peningkatan keterampilan hiasan cangkang kerang diperoleh dari adanya observasi, tes dan dokumentasi. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus memiliki tahap perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Pelaksanaan tindakan siklus I anak tunarungu mendapat hasil GP 64,28%, FM 58,92% dan LT 48,21%, dan siklus II mendapat hasil GP 92,85%, FM 91,07% dan LT 85,71%. Hasil yang didapatkan setelah diberikan tindakan terjadi peningkatan pada anak tunarungu kelas VII dalam membuat hiasan cangkang kerang di SLB Negeri Salak Sumut.

Keywords


Hiasan cangkang kerang; discovery learning; tunarungu