The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan peneliti yakni anak kurang mampu mengenal nilai mata uang Rp.1.00 s/d Rp.5.000 (jual/beli) metode yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaiyu siklus I dan siklus II, sedangkan data diperoleh peneliti melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan media uang dan alat tulis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dalam proses pembebalajaran berjalan dengan baik terlihat bahwa kemampuan anak ada perubahan. Meningkatnya proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil observasi siklus I pada guru mendapatkan persentase sebesar 89% sedangkan pada kedua anak tersebut DN mendapatkan persentase 67% dan FN mendapatkan persentase sebesar 70%, namun setelah diberikan tindakan pada siklus II melalui bermain peran hasil observasi pada guru meningkat menjadi 94% sedangkan kedua ank tersebut DN mendapatkan persentase sebesar 82% dan fani mendapatkan persentase sebesar 89% maka dari iti dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal anak 45% setelah diberikan tindakan pada siklus I dan siklus II terlihat bahwa ada perubahan.


Keywords


Metode Bermain Peran, Mengenal Nilai Mata Uang, bagi Anak Tunagrahita Ringan